Dwitaningsih, Ary (2015) Pengembangan skenario Problem Based Learning (PBL) dalam mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan di SMK Negeri 2 Singosari / Ary Dwitaningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dwitaningsih Ary. 2014. Pengembangan Skenario Problem Based Learning (PBL) dalam Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan di SMK Negeri 2 Singosari. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj Sri Umi Mintarti W. SE MP Ak (II) Dr. Mit Witjaksono MS. Ed. Kata kunci Skenario Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) 12288 12288 12288 12288 Tujuan pendidikan Prakarya dan Kewirausahaan dalam kurikulum 2013 adalah agar peserta didik mampu berekspresi kreatif melalui keterampilan teknik berkarya ergonomis teknologi dan ekonomis. Melatih keterampilan mencipta karya berbasis estetika artistik ekosistem dan teknologis serta melatih memanfaatkan media dan bahan berkarya seni dan teknologi melalui prinsip kreatif ergonomis higienis tepat-cekat-cepat dan berwawasan lingkungan. Menghasilkan karya yang siap dimanfaatkan dalam kehidupan bersifat pengetahuan maupun landasan pengembangan berdasarkan teknologi kearifan lokal maupun teknologi terbarukan dan menumbuh kembangkan jiwa wirausaha melalui melatih dan mengelola penciptaan karya (produksi) mengemas dan menjual berdasarkan prinsip ekonomis ergonomis dan berwawasan lingkungan. 12288 12288 12288 12288 Salah satu metode yang dapat digunakan dalam mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan adalah metode pemecahan masalah. Metode pemecahan masalah cocok untuk digunakan dalam mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan sebab banyak mengandung masalah-masalah yang berkaitan dengan kehidupan keseharian peserta didik. Oleh karena itu cara terbaik bagi peserta didik untuk pembelajaran khususnya Prakarya dan Kewirausahaan apabila mereka diberi masalah yang menantang dan menggugah pikiran kebiasaan berpikir dan tindakan yang berhubungan dengan pemecahan masalah. Hal ini bisa dicapai dengan melatih siswa dalam memecahkan masalah dengan Problem Based Learning (PBL). Dengan demikian peneliti menyimpulkan bahwa Problem Based Learning (PBL) menjadi suatu alat untuk mencapai tujuan pendidikan Prakarya dan Kewirausahaan dalam pembelajaran. Oleh karena itu maka perlu kiranya dikembangkan skenario pembelajaran yang dapat memberdayakan kemampuan akademik siswa sehingga tujuan mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan dapat tercapai. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini memiliki tujuan umum yaitu mengembangkan skenario Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Design Based Research (DBR) dan secara rinci tujuan penelitian dan pengembangan ini sebagai berikut (1) mengidentifikasi permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan selama ini (2) merumuskan skenario pembelajaran dengan berkolaborasi bersama tim ahli (3) menyusun desain dan pengembangan prototipe skenario Problem Based Learning (PBL) dalam mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan sehingga dapat mewadahi tujuan dari mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (4) melakukan uji coba skenario Problem Based Learning (PBL) dan (5) mengkomunikasikan hasil uji coba skenario Problem Based Learning (PBL) kepada guru dan siswa. 12288 12288 12288 12288 Secara umum penerapan penelitian berbasis desain menggunakan metode yang sistematis namun fleksibel yang bertujuan untuk meningkatkan praktik-praktik pendidikan melalui analisis iterative desain pengembangan dan implementasi berdasarkan kolaborasi antara peneliti dan praktisi secara nyata tanpa adanya rekayasa. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ-1. Di mana jumlah siswa kelas X TKJ-1 sebanyak 34 siswa. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan deskripsi kelebihan dan kekurangan skenario pembelajaran PBL serta temuan selama menjalankan uji coba skenario maka berikut ini dideskripsikan beberapa saran-saran yang diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam pengembangan produk sejenis (1) saran pemanfaatan dan (2) saran pengembangan produk lebih lanjut.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61266 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |