Yati (2015) Pengembangan model experiential learning dalam mata pelajaran akuntansi SMK / Yati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Yati 2014. Pengembangan Model Experiential Learning dalam Mata Pelajaran Akuntansi SMK. Tesis Program Pascasarjana Prodi S2 Pendidikan Ekonomi. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Mit Witjaksono MS.Ed. (2) Dr. Sunaryanto M.Ed. M.Sc. Kata Kunci Model experiential Learning Pembelajaran Akuntansi 12288 12288 12288 Pembelajaran di dalam kelas merupakan bagian yang sangat penting dalam pendidikan. Guru memiliki peran yang sangat besar dalam mengorganisasikan kelas sebagai bagian dari proses pembelajaran dan siswa sebagai subyek yang sedang belajar. Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk mewujudkan pendidikan berkualitas bermakna dan berkarakter. Misalnya dengan perbaikan kurikulum pemenuhan sarana dan prasarana sekolah peningkatan kualitas guru dan lain-lain. Tetapi fenomena yang terjadi di sekolah siswa lebih senang apabila materi pelajaran terlebih dahulu sudah diolah oleh guru lalu kemudian langsung disampaikan (Content-transmission Paradigm) sehingga mereka tinggal menelan saja tidak disiplin mengatur waktu dalam belajar selain mengikuti pelajaran belajar hanya bila akan ujian atau ulangan sehingga banyak diantara mereka memperoleh prestasi rendah yang belum sesuai dengan potensi yang mereka miliki dalam belajar akuntansi siswa hanya berpikir jika datang ke sekolah dengan membawa buku ukuran besar kalkulator dan penggaris kemudian mengerjakan soal latihan akuntansi itu sudah merupakan praktek akuntansi pembelajaran hanya dilakukan di kelas dengan ceramah dan tanya jawab. 12288 12288 12288 Penelitian ini akan mengembangkan model pembelajaran experiential learning dalam mata pelajaran akuntansi. Model pembelajaran adalah suatu model proses belajar mengajar yang mengaktifkan pembelajar untuk membangun pengetahuan dan keterampilan serta nilai-nilai juga sikap melalui pengalamannya secara langsung. Guru diharapkan menghadirkan situasi asli dalam pembelajaran bukan situasi pengganti jadi pembelajaran bisa dilaksanakan di kelas maupun di luar kelas. Model ini mempunyai empat tahapan yaitu (1) concrete experinece (2) reflective observation (3) abstract conceptualization dan (4) active experimentation. 12288 12288 12288 Penelitian pengembangan ini dilakukan dalam tiga tahap yaitu tahap perencanaan tahap pelaksanaan dan tahap uji coba. Spesifikasi produk dalam penelitian pengembangan ini adalah silabus rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) buku guru. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI AK 1 SMK Plus Al Mujahidi Jember yang terdiri dari 35 siswa yang dilaksanakan dalam 4(empat) kali pertemuan. Berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan melalui uji coba terbatas diketahuai bahwa model experiential learning sangat disukai oleh siswa. membuat siswa lebih antusias dalam pembelajaran serta siswa lebih cepat memahami materi. Berdasarkan hasil uji perorangan (guru) model ini sudah baik dan dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa. derdasarkan hasil uji ahli materi dan ahli pendidikan model ini sudah cukup baik tetapi perlu adanya penyempurnaan untuk RPP dan penambahan lebih banyak lagi soal latihan di dalam modul
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61265 |
Actions (login required)
View Item |