Pengembangan skenario pembelajaran prakarya dan kewirausahaan berbasis pengalaman (experiential learning) untuk menumbuhkan kreativitas (studi pada siswa kelas XI KA 2 di SMK Negeri 7 Malang tahun 2014/1015) / Arief Budiono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan skenario pembelajaran prakarya dan kewirausahaan berbasis pengalaman (experiential learning) untuk menumbuhkan kreativitas (studi pada siswa kelas XI KA 2 di SMK Negeri 7 Malang tahun 2014/1015) / Arief Budiono

Budiono, Arief (2015) Pengembangan skenario pembelajaran prakarya dan kewirausahaan berbasis pengalaman (experiential learning) untuk menumbuhkan kreativitas (studi pada siswa kelas XI KA 2 di SMK Negeri 7 Malang tahun 2014/1015) / Arief Budiono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Budiono Arief. 2014. Pengembangan Skenario Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) untuk Menumbuhkan Kreativitas (Studi pada Siswa Kelas XI KA 2 di SMK Negeri 7 Malang Tahun 2014/2015). Tesis Jurusan Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj. Sri Umi Mintarti W. SE MP Ak. (II) Dr. Mit Witjaksono MS.Ed. Kata Kunci pembelajaran prakarya dan kewirausahaan pembelajaran berbasis pengalaman kreativitas 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran prakarya dan kewirausahaan dapat diajarkan ke siswa melalui pengalaman nyata di lapangan dengan mengamati menganalisis aspek pengelolaan usaha aspek biaya dan harga bagaimana memproduksi dan pemasarannya tentang produk-produk nyata yang sudah laku di pasaran. Harapannya setelah mengikuti proses pembelajaran seperti tujuan kurikulum akan muncul ide kreatif pada diri siswa yang akan diwujudkan dalam produk nyata. Kesulitan yang dialami oleh guru adalah dalam mengembangkan sebuah skenario pembelajaran seperti yang dikehendaki oleh kurikulum yaitu pembelajaran yang menginspirasi siswa untuk berpikir kreatif dalam menciptakan ide usaha. Banyak model pembelajaran yang dapat dikembangkan berdasarkan paradigma konstruktivistik untuk menumbuhkan kreativitas siswa dalam memunculkan ide bisnis salah satunya yaitu pembelajaran berbasis pengalaman (Experiential Learning). 12288 12288 12288 12288 Desain pembelajaran berbasis pengalaman (Experiential Learning) yang akan digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari Experiential Learning yang dikembangkan oleh David Kolb yang terdiri dari 4 siklus belajar. Dalam prosesnya siswa akan mengalami 4 siklus belajar yaitu concrete experience reflective observation abstract conceptualization dan active experimentation. Untuk menerapkan skenario ini guru harus mengecek kemampuan kreativitas siswa dan mengetahui gaya belajar. Gaya belajar siswa terdiri dari 4 tipe seperti yang dikembangkan David Kolb yaitu diverger assimilator converger dan accommodator. Penelitian ini dalam mengembangkan skenario pembelajaran berbasis pengalaman (Experiential Learning) menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan pendekatan Design Based Research (DBR) yaitu sebuah penelitian pengembangan untuk memecahkan permasalahan yang ada di lapangan dalam pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan melalui desain tertentu. Lokasi penelitian di SMK Negeri 7 Malang dengan sasaran penelitian siswa kelas XI KA 2. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari hasil wawancara pengamatan dokumentasi dan angket. Data dianalisis secara kualitatif yaitu dengan memaparkan hasil penelitian dan menceritakan tahap demi tahap proses penerapan skenario pembelajaran dan hasilnya sesuai dengan pendekatan Design Based Research (DBR). Selain itu data juga dianalisis secara kuantitaif untuk menggambarkan data yang diperoleh dari angket tentang gaya belajar siswa respon siswa dan guru setelah pelaksanaan uji coba produk. Analisis kuantitatif juga digunakan untuk mendapatkan gambaran mengenai kreativitas siswa melalui lembar penilaian sebagai indikator munc

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61263

Actions (login required)

View Item View Item