Makna praktik kerja industri menurut persepsi siswa dalam menumbuhkan minat berwirausaha (studi kasus pada siswa kelas XI SMK Negeri 11 Malang) / Delby Silvia Indrayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Makna praktik kerja industri menurut persepsi siswa dalam menumbuhkan minat berwirausaha (studi kasus pada siswa kelas XI SMK Negeri 11 Malang) / Delby Silvia Indrayanti

Indrayanti, Delby Silvia (2015) Makna praktik kerja industri menurut persepsi siswa dalam menumbuhkan minat berwirausaha (studi kasus pada siswa kelas XI SMK Negeri 11 Malang) / Delby Silvia Indrayanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indrayanti Delby Silvia. 2014. Makna Praktik Kerja Industri Menurut Persepsi Siswa Dalam Menumbuhkan Minat Berwirausaha (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 11 Malang). Tesis. Prodi S2 Pendidikan Ekonomi. Jenjang Magister. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Umi Mintarti Widjaja S.E. M.P. Ak. (II) Dr. Mit Witjaksono MS.Ed. Kata Kunci Praktik kerja industri persepsi siswa minat berwirausaha Saat ini lulusan SMK cenderung menjadi pencari kerja dan sangat sedikit yang menjadi pencipta lapangan kerja. Sebagian besar lulusan merasa tidak siap untuk membuka lapangan pekerjaan bagi dirinya sendiri atau menjadi wirausaha. SMK merupakan lembaga pendidikan yang berpotensi untuk mempersiapkan SDM yang dapat dengan mudah terserap oleh dunia kerja karena materi baik teori maupun praktik yang bersifat aplikatif telah diberikan sejak dini dengan harapan lulusan SMK memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Salah satu bentuk konsepsi pendidikan kejuruan yang sedang aktual dewasa ini adalah Prakerin (Praktik Kerja Industri) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna praktik kerja industri menurut persepsi siswa dalam menumbuhkan minat berwirausaha pada siswa SMK serta menggali lebih dalam tentang manfaat kegiatan praktik kerja industri. Penelitian yang akan dilakukan merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan agar memperoleh pemahaman penafsiran mendalam tentang fenomena yang ada di lapangan dan jenis penelitian ini adalah fenomenologi. Dalam penelitian ini ada beberapa teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi informan adalah empat siswa yang sedang melakukan praktik kerja industri. Dari hasil penelitian diketahui bahwa makna praktik kerja industri menurut persepsi siswa dapat menumbuhkan minat berwirausaha karena dalam kegiatan ini siswa benar-benar berada pada dunia kerja yang nyata sehingga siswa dapat berlatih dan juga mengaplikasikan kompetensi yang sudah didapatkan di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61261

Actions (login required)

View Item View Item