Murdiatmoko, Yohan (2015) Pengaruh status sosial ekonomi, motivasi berprestasi, dan efikasi diri terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IIS SMA Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung / Yohan Murdiatmoko. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Murdiatmoko Yohan. 2013. Pengaruh Latar Belakang Sosial Ekonomi Motivasi Berprestasi dan Efikasi diri Terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Tesis Jurusan Pendidikan Ekonomi Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof.Dr.H. Wahjoedi ME (II) Dr. Agung Haryono S.E. M.Pak Kata Kunci sosial ekonomi motivasi berprestasi efikasi hasil belajar ekonomi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) status sosial ekonomi (2) motivasi berprestasi (3) efikasi diri (4) pengaruh status sosial ekonomi motivasi diri dan efikasi diri terhadap hasil belajar siswa kelas XI IIS SMA Islam Sunan Gunung Jati Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan explanatori (explanatory recearch) dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan teknik analisis jalur (path analysis). Teknik ini dipilih untuk mencari hubungan antara variabel dengan variabel yang lain yang bersifat sebab akibat dan memamparkan pengaruh variabel variabel yang berkaitan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI IIS di SMA Islam Sunan Gunung Jati Dengan Sampel sebanyak 40 orang siswa. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan pendekatan quota sampling. Data dikumpulkan dengan isntrumen melalui angket untuk variabel ststus sosial ekonomi motivasi berprestasi dan efikasi diri sedangkan untuk variabel hasil belajar diperoleh melalui dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah (1) analisis deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan data tentang bagaimana status sosial ekonomi orang tua (X1) motivasi berprestasi siswa (X2) Efikasi diri siswa dan Hasil belajar Mata pelajaran Ekonomi siswa kelas XI IIS SMA Islam Sunan Gunung Jati. (2) Alanilis Jalur (Path Analysis) analisis jalur digunakan untuk mengukur besarnya kontribusi atau pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat baik pengaruh langsung atau tidak langsung melalui hubungan variabel bebas lainnya. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh langsung status sosial ekonomi terhadap hasil belajar dengan nilai korelasi sebesar 0 971 (2) terdapat pengaruh langsung motivasi berprestasi terhadap hasil belajar dengan nilai korelasi sebesar 0 972 (3) Terdapat pengaruh langsung antara efikasi diri terhadap hasil belajar dengan nilai korelasi sebesar 0 975 (4)terdapat pengaruh antara status sosial ekonomi dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar melalui efikasi diri Berdasarkan hasil penelitian dikemukakan beberapa saran (1) Siswa diharapkan yakin dan berfikir positif bahwa semua pelajaran yang diajarkan di sekolah itu akan berguna dimasa yang akan datang. (2) hendaknya orang tua memberikan atau menyediakan fasilitas yang dibutuhkan anaknya untuk meningkatkan prestasi belajarnya hendaknya orang tua memperhatikan aktivitas belajar anaknya di rumah dan meningkatkan motivasinya untuk meningkatkan prestasinya. (3) menyadari akan adanya pengaruh status sosial ekonomi motivasi dan efikasi diri terhadap prestasi hendaknya sekolah membuat program yang dapat menjebatan masalah ini guna meningkatkan hasil belajar siswa (4) Bagi Guru menjadi tambahan wawasan dalam menyusun strategi mengajar serta menjadi bekal mengadapi permasalahan belajar siswa dan mampu mencarikan solusi yang tepat untuk mengatasinya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61260 |
Actions (login required)
View Item |