Anni, Sri (2015) Evaluasi pelaksanaan kurikulum 2013 mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Kabupaten Lumajang / Sri Anni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Anni Sri. Evaluasi Pelaksanaan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Kabupaten Lumajang. Tesis Program Studi Pendidikan Ekonomi Pasca Sarjana UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sunaryanto M.Ed M.Sc. (2) Dr. Hari Wahyono M.Pd Kunci Kurikulum 2013 Implementasi kurikulum Evaluasi Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Pada tahun ajaran 2013/2014 pemerintah secara singkat menerapkan kurikulum baru yaitu kurikulum 2013. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengevaluasi pelaksanaan kurikulum 2013 mata pelajaran ekonomi di Kabupaten Lumajang. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui persepsi guru ekonomi SMA kelas X di kabupaten Lumajang yang menerapkan Kurikulum 2013 mengenai Kurikulum 2013 2) mengetahui apakah implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran ekonomi kelas X yang dilaksanakan di sekolah di kabupaten Lumajang sudah sesuai dengan kriteria atau atau standar penilaian yang ditetapkan 3)mengetahui kendala yang dihadapi guru mata pelajaran Ekonomi dalam melaksanakan Kurikulum 2013 di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi-kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan memakai Countenance Stake dengan standar penilaian yang berasal dari Permendikbud no.65tahun 2013 tentang Standar Proses. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Lumajang SMA Negeri 1 Kunir SMA PGRI 1 Lumajang. Sumber data penelitian berasal dari siswa guru mata pelajaran ekonomi waka kurikulum kepala sekolah dan dokumen. Pengumpulan data melalui studi dokumentasi wawancara dan observasi. Dalam penelitian ini triangulasi sumber data data teori dan metodologi yang diterapkan untuk mengecek keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 3 komponen pelaksanaan kurikulum 2013 yaitu perencanaan pelaksanaan dan penilaian. Perencanaan dilakukan sebelum kegiatan KBM berlangsung secara umum implementasi dari perencanaan yang diterapkan guru sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan pemerintah yaitu Permendikbud no.65 tahun 2013 tentang Standar Proses dan permendikbud no. 81A tentang implementasi Kurikulum 2013. Pelaksanaan di kelas mencakup kegiatan pendahuluan kegiatan inti dan kegiatan penutup masih belum maksimal jika dibandingkan dengan standar yang ditetapkan. Komponen yang terakhir yatu komponen penilaian masih belum maksimal sama sekali terbukti dari hasil observasi maupun hasil wawancara guru masih belum menerapkan secara penuh penerapan penilaian autentik karena masih kurang pahamnya mengenai instrumen dan jenis penilaian yang sudah ditetapkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61259 |
Actions (login required)
View Item |