Pembelajaran menata produk dengan pendekatan kontekstual pada siswa jurusan pemasaran di SMK PGRI 3 Nganjuk / Ganang Wahyu Saputro - Repositori Universitas Negeri Malang

Pembelajaran menata produk dengan pendekatan kontekstual pada siswa jurusan pemasaran di SMK PGRI 3 Nganjuk / Ganang Wahyu Saputro

Saputro, Ganang Wahyu (2015) Pembelajaran menata produk dengan pendekatan kontekstual pada siswa jurusan pemasaran di SMK PGRI 3 Nganjuk / Ganang Wahyu Saputro. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Saputro Ganang W. 2014. Pembelajaran Menata Produk dengan Pendekatan Kontekstual pada Siswa Jurusan Pemasaran di SMK PGRI 3 Nganjuk Program Studi Pendidikan Ekonomi Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Mit Witjaksono M.S. Ed (2) Dr. Sunaryanto M.ED Kata Kunci Pembelajaran Menata Produk pendekatan kontekstual Abstrak 12288 12288 12288 12288 Pembelajaran Menata Produk pada jurusan Pemasaran sangatlah penting untuk dipelajari karena pelajaran ini adalah kompetensi pembeda atau khas jurusan pemasaran dengan jurusan yang lain. Pada akhir kompetensi siswa akan menghadapi Ujian Kompetensi Keahlian yang diuji oleh Dunia Usaha/ Dunia Industri (Du/Di) dalam hal ini adalah pihak Ramayana Departemen Store-Malang. Melihat fenomena yang terjadi di SMK PGRI 3 Nganjuk siswa cenderung menyukai cara pembelajaran yang mereka ketahui melalui kegiatan sehari-hari. Tugas guru kemudian mengaitkan materi pelajaran dengan kejadian yang dialami siswa sehari-hari. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pemahaman siswa tentang pembelajaran Menata Produk dengan pendekatan Kontekstual serta kemanfaatan ketrampilan Menata Produk dalam kehidupan sehari-hari maupun setelah lulus nanti. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan metode Deskriptif Kualitatif melalui melihat fenomena dilapangan dan berdesain penelitian pengamatan. Metode pengumpulan datanya diawali dengan observasi menyebar angket terbuka memilih responden untuk diwawancarai mendalam didokumentasi dan menyimpulkan hasilnya untuk dituangkan ke dalam karya ilmiah ini (tesis). Responden adalah siswa kelas XII (dua belas) jurusan Pemasaran SMK PGRI 3 Nganjuk sebanyak 25 orang. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa lebih suka dan lebih mudah memahami materi pelajaran dengan pendekatan kontekstual yang diterapkan oleh guru. Temuan lain menyebutkan bahwa kemanfaatan pelajaran Menata Produk yang diajarkan di sekolah ternyata harusnya tidak hanya diberikan pada siswa jurusan pemasaran saja tetapi jurusan apapun kalau bisa karena dengan menata barang menjadi lebih rapi dan tertata seseorang akan timbul niatan untuk membeli memakai memudahkan mengambil dan lain sebagaianya. Manfaat lain adalah karena konsep menata produk sudah tertanam pada siswa maka siswa menjadi memiliki ketrampilan dalam menata produk untuk barang apapun dan apabila sudah lulus nanti dan bekerja pada suatu toko maka siswa sudah bisa menerapkannya atau bahkan jika siswa nantinya akan membuka usaha sendiri maka dia akan bisa menata barang daganganya sendiri serta siswa bisa lulus UKK untuk KD Menata Produk. 12288 12288 12288 12288 Saran dari penelitian ini diantaranya sekolah sebaiknya menganjurkan kepada setiap guru untuk menggunakan pendekatan kontekstual dalam pembelajarannya karena berdasarkan penelitian ini siswa lebih menyukai dan mudah memahami materi pelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61256

Actions (login required)

View Item View Item