Pengaruh status sosial ekonomi orang tua, sikap ekonomi, pendidikan ekonomi hijau dalam keluarga, terhadap perilaku konsumsi hijau dimediasi literasi keuangan siswa SMK Negeri se Kabupaten Jombang / Hafis Mu'addab - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh status sosial ekonomi orang tua, sikap ekonomi, pendidikan ekonomi hijau dalam keluarga, terhadap perilaku konsumsi hijau dimediasi literasi keuangan siswa SMK Negeri se Kabupaten Jombang / Hafis Mu'addab

Mu'addab, Hafis (2015) Pengaruh status sosial ekonomi orang tua, sikap ekonomi, pendidikan ekonomi hijau dalam keluarga, terhadap perilaku konsumsi hijau dimediasi literasi keuangan siswa SMK Negeri se Kabupaten Jombang / Hafis Mu'addab. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hafis Muaddab. 2014. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Sikap Ekonomi Pendidikan Ekonomi Hijau Dalam Keluarga Terhadap Perilaku Konsumsi Hijau Di Mediasi Literasi Keuangan Siswa SMK Se Kabupaten Jombang. Pembimbing (I). Prof. Dr. Wahjoedi M.E. (II). Dr. Agung Haryono SE. M.P. Ak. Kata Kunci Status Sosial Ekonomi Orang Tua Pendidikan Ekonomi Hijau Dalam Keluarga Sikap Ekonomi Literasi Keuangan Perilaku Konsumsi Hijau. Kerusakan alam karena perilaku konsumsi yang mengabaikan keberlanjutan lingkungan menjadikan peningkatan pembelian masyarakat pada produk ramah lingkungan. Oleh sebab itu ditekankan pentingnya para siswa agar meningkatkan perilaku hijau dalam bentuk penggunaan produk ramah lingkungan. Hal ini dapat dimulai sejak awal bahkan sebelum memasuki dunia profesi tersebut yaitu pada saat menempuh pendidikan ekonomi disekolah. Faktor intern yaitu literasi keuangan dan sikap ekonomi serta faktor ekstern yaitu status sosial ekonomi dan pendidikan ekonomi hijau dalam keluarga dalam penelitian ini untuk menguji keterkaitan dengan perilaku konsumsi hijau. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menguji pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap literasi keuangan (financial literacy). Pendidikan ekonomi hijau dalam keluarga terhadap literasi keuangan (financial literacy). Sikap ekonomi terhadap literasi keuangan (financial literacy). Status sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumsi hijau. Pendidikan ekonomi dalam keluarga berpengaruh terhadap perilaku konsumsi hijau. Sikap ekonomi berpengaruh terhadap perilaku konsumsi hijau. Literasi keuangan (financial literacy) berpengaruh terhadap perilaku konsumsi hijau. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMK Negeri Se Kabupaten Jombang jurusan bisnis dan manajemen berjumlah 917 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 194 siswa yang menyebar dalam jurusan kompetensi keahlian administrasi perkantoran akuntansi pemasaran dan perbankan. Teknik pengambilan sampel dengan purposive random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan kuesioner/angket dan tes. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis jalur dan hubungan variabelnya distrukturalkan berdasarkan SPSS 12. Analisis dilakukan dengan menggunakan program aplikasi SPSS 12 for Windows NT. Temuan penelitian ini menghasilkan simpulan yaitu (1). Status sosial ekonomi orang tua berpengaruh terhadap literasi keuangan. (2) Pendidikan ekonomi hijau dalam keluarga tidak berpengaruh terhadap literasi keuangan (financial literacy). (3) Sikap ekonomi berpengaruh terhadap literasi keuangan (financial literacy) (4) Status sosial ekonomi orang tua tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumsi hijau.(5) Pendidikan ekonomi hijau dalam keluarga tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumsi hijau. (6) Sikap ekonomi tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumsi hijau. (7) Literasi keuangan tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumsi hijau. Saran dan rekomendasi Bagi guru sebagai bahan masukan untuk memperbaiki proses pembelajaran sehingga pembelajaran ekonomi di sekolah lebih diorientasikan untuk membangun sikap dan perilaku ekonomi bagi siswa. Meningkatkan kegiatan pembelajaran yang dapat menarik minat siswa dalam menumbuhkan serta mendorong siswa untuk meningkatkan kompetensi dalam hal penguasaan materi maupun ketrampilan dalam menerapkan strategi pembelajaran yang sesuai.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61255

Actions (login required)

View Item View Item