Pengaruh hasil belajar kewirausahaan, pendidikan kewirausahaan dalam keluarga, persepsi tentang dunia kerja dan efikasi diri terhadap minat berwirausaha / Ali Afandi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh hasil belajar kewirausahaan, pendidikan kewirausahaan dalam keluarga, persepsi tentang dunia kerja dan efikasi diri terhadap minat berwirausaha / Ali Afandi

Afandi, Ali (2015) Pengaruh hasil belajar kewirausahaan, pendidikan kewirausahaan dalam keluarga, persepsi tentang dunia kerja dan efikasi diri terhadap minat berwirausaha / Ali Afandi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Afandi Ali. Pengaruh Hasil Belajar Kewirausahaan Pendidikan Kewirausahaan dalam Keluarga Persepsi tentang Dunia Kerja dan Efikasi Diri terhadap Minat berwirausaha. Tesis Program Studi Pendidikan Ekonomi Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sunaryanto M.Ed (2) Dr. Hari Wahyono M.Pd Kata Kunci Hasil Belajar Kewirausahaan Pendidikan Kewirausahaan dalam Keluarga Persepsi tentang Dunia Kerja Efikasi Diri dan Minat berwirausaha Penelitian eksplanatori bertujuan menjelaskan dan menganalisis suatu keadaan atau kondisi. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah (1) pengaruh hasil belajar kewirausahaan terhadap efikasi (2) adakah pengaruh pendidikan kewirausahaan dalam keluarga terhadap efikasi diri siswa (3) adakah pengaruh persepsi tentang dunia kerja terhadap efikasi diri siswa (4) adakah pengaruh pendidikan kewirausahaan dalam keluarga terhadap minat berwirausaha siswa (5) adaakah pengaruh hasil belajar kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa (6) adakah pengaruh persepsi tentang dunia kerja terhadap minat berwirausaha siswa (7) adakah pengaruh efikasi diri terhadap minat berwirausaha siswa SMK Negeri 1 Probolinggo. penelitian ini merupakan penelitian orientasi dan aksi oleh karena variabel-variabel yang dikaji pada dasarnya menggambarkan kecenderungan dan tindakan pihak yang diteliti. Sedangkan ditinjau dari hubungan antar varibel yang diteliti maka penelitian ini dapat digolongkan sebagai penelitian kausal dengan hubungan antar variabel bersifat fungsional bukan korelasional. Unit analisis dalam penelitian ini adalah individual karena semua variabel diukur dari subjek penelitian sebagai individu. Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional dimana penelitian ini untuk memperoleh data dari responden pada periode waktu yang tertentu (data are gathered just once). Dilihat dari hubungan antar variabel ada empat variabel yang diposisikan sebagai variabel eksogen dan dua variabel yang diposisikan sebagai variabel endogen. Sesuai dengan rumusan masalah serta hipotesis yang diuji dalam penelitian ini maka teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modelling (SEM) teknik analisis gabungan antara analisis faktor dan analisis regresi dan penerapannya dilakukan secara simultan. Hasil temuan penelitian membuktikan bahwa hasil belajar siswa tidak berpengaruh terhadap efikasi diri pendidikan kewirausahaan dalam keluarga berpengaruh signifikan terhadap efikasi diri persepsi tentang dunia kerja berpengaruh signifikan terhadap efikasi diri hasil belajar siswa tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha Pendidikan Kewirausahaan dalam keluarga tidak berpengaruh terhadap Minat Berwirausaha Persepsi tentang Dunia Kerja tidak berpengaruh terhadap Minat Berwirausaha efikasi diri berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha Siswa SMKN 1 Probolinggo. Saran dalam penelitian ini (1) untuk guru sebagai bahan masukan untuk meningkatkan proses pembelajaran sehingga pembelajaran kewirausahaan di sekolah lebih diorientasikan untuk membangun minat bagi siswa. (2) Bagi kalangan pendidikan sebagai bahan pertimbangan untuk meningkatkan kualitas kebijakan terutama yang berkaitan dengan perbaikan kurikulum dan pengembangan kompetensi serta profesionalitas guru pada umumnya dan guru kewirausahaan pada khususnya. (3) Bagi pengembangan ilmu diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan sumbangan pengembangan bidang keilmuan dan penjelasan teori khususnya pada teori minat berwirausaha dan efikasi diri. (4) Bagi Program Studi Pendidikan Ekonomi sebagai bahan masukan dan pertimbangan untuk mengembangkan dan merancang metode model-model serta strategi dalam pembelajaran kewirausahaan yang kreatif dan inovatif yang utamanya berkaitan dengan masalah penumbuhan jiwa wirausaha. (5) Bagi peneliti lain hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan masukan dan pertimbangan untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan masalah-masalah kewirausahan maupun pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61254

Actions (login required)

View Item View Item