Nagari, Primasa Minerva (2015) Pengembangan perangkat pembelajaran akuntansi berbasis inkuiri di SMA Negeri 2 Blitar / Primasa Minerva Nagari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Nagari Primasa Minerva. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Akuntansi Berbasis Inkuiri di SMA Negeri 2 Blitar. Tesis Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sunaryanto M.Ed (2) Dr. Hari Wahyono M.Pd Kata kunci Perangkat pembelajaran Inkuri Perangkat pembelajaran digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran dalam kelas. Siswa belajar dengan senang sehingga dapat mengetahui dan memahami ilmu yang ditransformasikan oleh guru. Penggunaan perangkat yang variatif akan meningkatkan motivasi pembelajaran dan akan meningkatkan hasil pembelajaran siswa. Materi laporan keuangan perusahaan jasa merupakan materi yang harus dikuasai siswa baik konsep maupun praktek penyusunan atau sistematika. Materi tersebut dianggap sulit oleh siswa sehingga memerlukan media pendukung untuk mengatasi masalah tersebut. Dengan demikian pengembangan ini mengangkat judul Pengembangan Perangkat Pembelajaran Akuntansi Berbasis Inkuri di SMA Negeri 2 Blitar. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran akuntansi berbasis inkuiri yang telah melalui proses validasi sehingga dinyatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran akuntansi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan Borg and Gall. Tahapan yang digunakan meliputi1) analisis situasi awal 2) pengembangan rancangan produk 3) membuat produk 4) uji validitas 5) revisi produk I 6) uji kelayakan 7) revisi produk 2 dan 8) produk akhir. Validasi perangkat pembelajaran dilakukan oleh tiga subyek yaitu ahli materi ahli pendidikan dan pengguna (siswa). Hasil validasi oleh ahli materi ahli pendidikan dan pengguna (siswa) secara keseluruhan memperoleh rata-rata 86 15% . Hal ini menunjukkan perangkat pembelajaran akuntansi berbasis inkuiri yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran akuntansi. Hasil tersebut juga peningkatan nilai siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan perangkat pembelajaran akuntansi berbasis inkuiri ini. Berdasarkan hasil validasi dapat dilihat bahwa perangkat pembelajaran akuntansi berbasis inkuiri yang dikembangkan layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru khususnya untuk memanfaatkan perangkat pembelajaran berbasis inkuri dalam proses pembelajaran dengan maksimal. Selain itu untuk proses pembelajaran yang lebih baik lagi juga dapat dikembangkan perangkat pembelajaran akuntansi berbasis inkuiri pada materi lain.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61253 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |