Nuraini, Umi (2015) Pengembangan skenario pembelajaran project based learning pada mata pelajaran ekonomi SMA / Umi Nuraini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Nuraini Umi. 2014. Pengembangan Skenario Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA. Tesis. Program Studi Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mit Witjaksono MS.Ed (II) Dr. Sunaryanto M.Ed. Kata kunci Skenario Pembelajaran Project Based Learning 12288 12288 12288 Karakteristik pembelajaran pada kurikulum 2013 adalah pembelajaran yang diarahkan pada pengembangan ranah sikap pengetahuan dan ketrampilan secara menyeluruh. Mata pelajaran ekonomi mempunyai empat tujuan kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik yaitu (1) memahami sejumlah konsep ekonomi untuk mengkaitkan peristiwa dan masalah ekonomi dengan kehidupan sehari-hari terutama yang terjadi di lingkungan individu rumah tangga masyarakat dan negara (2) menampilkan sikap ingin tahu terhadap sejumlah konsep ekonomi yang diperlukan untuk mendalami ilmu ekonomi (3) membentuk sikap bijak rasional dan bertanggungjawab dengan memiliki pengetahuan dan ketrampilan ilmu ekonomi yang bermanfaat bagi diri sendiri rumah tangga masyarakat dan negara dan (4) membuat keputusan sebagai konsumen yang bertanggungjawab mengenai nilai-nilai sosial ekonomi dalam masyarakat yang majemuk baik dalam skala nasional maupun internasional. Pembelajaran ekonomi yang dapat mendukung ketercapaian keempat tujuan tersebut serta mampu mengembangkan ranah sikap pengetahuan dan ketrampilan adalah pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan peserta didik dengan cara memahami konsep mengenalkan berbagai peristiwa ekonomi riil serta berlatih dalam memecahkan masalah ekonomi sehari-hari. Berdasarkan survei pendahuluan di SMA Wachid Hasyim 2 Taman yang berlokasi di Kabupaten Sidoarjo pembelajaran ekonomi belum mencerminkan pada keterlibatan peserta didik dalam pemecahan masalah ekonomi. Selain itu peserta didik masih menemui kesulitan dalam belajar ekonomi dan menginginkan pembelajaran ekonomi yang lebih baik lagi. Dari hasil survei pendahuluan (observasi pembelajaran ekonomi di kelas serta wawancara dengan guru dan peserta didik) maka perlu dikembangkan sebuah skenario pembelajaran yang dapat membantu mengatasi permasalahan-permasalahan dalam pembelajaran ekonomi di sekolah. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan pembelajaran ekonomi di sekolah dan sesuai dengan karakteristik pembelajaran kurikulum 2013 serta dapat mendukung ketercapaian empat tujuan mata pelajaran ekonomi adalah model pembelajaran project based learning. 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan skenario pembelajaran project based learning dengan pendekatan design based research dengan langkah-langkah antara lain (1) mengidentifikasi permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran ekonomi di sekolah (2) merumuskan skenario pembelajaran berkolaborasi dengan tim ahli (3) menyusun desain dan pengembangan skenario pembelajaran project based learning dalam mata pelajaran ekonomi (4) melakukan uji coba skenario pembelajaran project based learning dan (5) mengkomunikasikan hasil uji coba skenario pembelajaran project based learning kepada guru dan peserta didik. 12288 12288 12288 Subyek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IIS 1 dan X IIS 5 di SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo. Hasil uji coba dalam penelitian ini berupa panduan pelaksanaan skenario pembelajaran project based learning untuk guru. Kajian produk pengembangan didasarkan pada landasan teori yang sesuai menyajikan kekuatan dan kelemahan produk hasil pengembangan serta saran-saran yang dapat dijadikan pertimbangan untuk penelitian selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Jan 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61251 |
Actions (login required)
View Item |