Pengembangan bahan ajar siklus akuntansi perusahaan jasa di SMA Negeri 1 Sumenep / Euis Noordiana Hartanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar siklus akuntansi perusahaan jasa di SMA Negeri 1 Sumenep / Euis Noordiana Hartanti

Hartanti, Euis Noordiana (2015) Pengembangan bahan ajar siklus akuntansi perusahaan jasa di SMA Negeri 1 Sumenep / Euis Noordiana Hartanti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hartanti Euis Noordiana. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Siklus Akuntansi Perusahaan Jasa di SMA Negeri 1 Sumenep. Tesis Program Studi Pendidikan Ekonomi Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Agung Haryono SE. MP. Ak (II) Dr. Mit Witjaksono MS. Ed. Kata kunci pengembangan bahan ajar siklus akuntansi perusahaan jasa. 12288 12288 12288 12288 Materi siklus akuntansi perusahaan jasa merupakan salah satu materi pada mata pelajaran ekonomi di tingkat SMA. Berdasarkan kurikulum 2013 siklus akuntansi perusahaan jasa akan diberikan pada saat siswa kelas XII. Memperhatikan minimnya jam pembelajaran ekonomi di kelas dan minimnya sumber belajar siswa maka diperlukan buku pelajaran yang valid praktis dan efektif serta mampu membantu siswa dalam mempelajari akuntansi dan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan pengguna dalam hal ini siswa IPS SMA Negeri 1 Sumenep. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan bahan ajar berupa modul siklus akuntansi perusahaan jasa. Selain modul produk yang dihasilkan adalah buku panduan bagi guru buku panduan siswa serta media penyampaian melalui powerpoint. 12288 12288 12288 12288 Model yang dipilih oleh pengembang adalah Model 4 (Four)-D karena akuntansi merupakan materi proses dan bertahap. Tahapan yang dilakukan oleh pengembang adalah memodifikasi tahapan dalam Model 4 (Four)-. Modifikasi yang dilakukan adalah sebagai berikut Penyederhanaan model dengan menggunakan tiga tahap dari empat tahap yang ada yaitu pendefinisian (define) perancangan (design) pengembangan (develop) hal ini dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya. Analisis konsep dan analisis tugs harusnya paralel diubah berurutan dari konsep ke analisis tugas. Hal ini dilakukan karena dalam siklus akuntansi materinya terstrktur sehingga urutan tuga bergantung urutan materi/konsep. Pada langkah ketigadilakukan uji coba produk yang terdiri dari 4 (empat) langkah yaitu (1) uji coba ahli yang terdiri dari ahli pendidikan dan ahli isi/materi (2) uji perorangan yang terdiri dari seorang guru ekonomi di SMAN 1 Sumenep dan 3 (tiga) siswa kelas XII IPS SMAN 1 Sumenep (3) uji kelompok kecil terdiri dari 9 (sembilan) siswa kelas XII IPS SMAN 1 Sumenep dan (4) uji lapangan yang terdiri dari seorang guru ekonomi dan siswa kelas XI IPS 2 yang berjumlah 36 siswa. 12288 12288 12288 12288 Hasil validasi dari dua orang ahli diperoleh rata-rata sebesar 73% untuk bahan ajar 76% untuk panduan guru dan 74% untuk panduan siswa. Selanjutnya uji perorangan reratanya untuk bahan ajar sebesar 86 11% panduan guru sebesar 87 5% dan panduan siswa sebesar 88 19%. Berlanjut pada uji kelompok kecil rata-rata untuk bahan ajar sebesar 85 75% dan panduan siswa sebesar 88 89% terakhir adalah uji lapangan rata-rata sebesar 83 51% untuk bahan ajar dan 82 47% untuk panduan siswa sedangkan motivasi terhadap bahan ajar sebesar 83 9%. Dengan demikian produk yang dihasilkan baik bahan ajar panduan guru dan panduan siswa menunjukkan tingkat kualifikasi yang layak namun demikian perlu adanya revisi sesuai komentar dan saran dari subyek coba. Sedangkan hasil penelitian berupa nilai pre test dan post test menunjukkan perubahan yang signifikan dimana rata-rata untuk nilai pre test sebesar 25 56 dan nilai post test sebesar 85 13 atau mengalami kenaikan nilai rata-rata 59 58. Nilai post test rata-rata berada di atas nilai KKM (80) yang telah ditetapkan. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar siklus akuntansi perusahaan jasa dikatakan efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Bahan ajar yang dikembangkan memiliki keunggulan dan kelemahan. Keunggulan bahan ajar antara lain 1) disusun secara sistematis sesuai karakteristik dan kebutuhan siswa 2) menyajikan materi siklus akuntansi secara lengkap mulai materi akuntansi sebagai sistem informasi hingga pada pelaporan keuangan 3) dilengkapi dengan petunjuk praktis sehingga memudahkan guru dan siswa untuk menggunakan bahan ajar ini 4) adanya soal yang berkelanjutan mulai membuat jurnal umum hingga membuat laporan keuangan. Adapun kelemahan bahan ajar yang dikembangkan adalah 1) terbatas pada siklus akuntansi perusahaan jasa 2) disusun berdasarkan pada karakteristik siswa jurusan IPS SMA Negeri 1 Sumenep sehingga keberadaanya juga hanya sesuai dengan siswa jurusan IPS SMA Negeri 1 Sumenep dan 3) transaksi bersifat terbatas tidak semua transaksi disajikan dalam bahan ajar maupun lembar kerja siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61249

Actions (login required)

View Item View Item