Pengaruh status sosial ekonomi orang tua, pengelolaan keuangan keluarga, dan pembelajaran matakuliah akuntansi terhadap literasi finansial mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Ana Muntadhirotul Maghfiroh - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh status sosial ekonomi orang tua, pengelolaan keuangan keluarga, dan pembelajaran matakuliah akuntansi terhadap literasi finansial mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Ana Muntadhirotul Maghfiroh

Maghfiroh, Ana Muntadhirotul (2015) Pengaruh status sosial ekonomi orang tua, pengelolaan keuangan keluarga, dan pembelajaran matakuliah akuntansi terhadap literasi finansial mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Ana Muntadhirotul Maghfiroh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Maghfiroh Ana Muntadhirotul. 2014. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Pengelolaan Keuangan Keluarga dan Pembelajaran Matakuliah Akuntansi terhadap Literasi Finansial Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Umi Mintarti W S.E. M.P.Ak (II) Dr. Sugeng Hadi Utomo M.Ec. Kata kunci status sosial ekonomi pengelolaan keuangan pembelajaran akuntansi literasi finansial Dalam rangka mencapai kebebasan keuangan setiap orang perlu memiliki pengetahuan sikap dan mengimplementasikan praktik keuangan pribadi yang sehat dimana kemampuan tersebut dikenal sebagai literasi finansial. Masalah keuangan bukan hanya fungsi dari rendahnya pendapatan akan tetapi juga akibat kesalahan pengelolaan keuangan. Di sisi lain perkembangan teknologi yang sangat pesat telah menyebabkan akses ke semua jenis produk keuangan semakin meluas. Bank menawarkan produk yang lebih beragam dengan memanfaatkan electronic based channels misalnya kartu kredit ATM internet banking dan phone banking. Dengan kondisi perekonomian demikian peran literasi finansial menjadi lebih penting daripada sebelumnya. Oleh karena itu literasi finansial tidak hanya penting untuk keluarga dan pelaku bisnis profesional tetapi juga untuk mahasiswa pendidik dan lainnya. Saat ini banyak konsumen keuangan adalah dari kalangan mahasiswa. Mahasiswa sebagai generasi muda tidak hanya akan menghadapi kompleksitas yang semakin meningkat tetapi mereka lebih cenderung harus menanggung resiko keuangan di masa depan yang lebih dari orang tua mereka. Oleh karena itu pendidikan keuangan perlu diberikan kepada mahasiswa baik formal maupun informal. Di perguruan tinggi pendidikan keuangan salah satunya disampaikan melalui pembelajaran matakuliah Akuntansi. Sedangkan di lingkungan keluarga tingkat literasi finansial mahasiswa ditentukan oleh peran orang tua dalam memberikan dukungan berupa pendidikan keuangan dalam keluarga. Keluarga dengan pengelolaan keuangan yang baik memungkinkan sumber pendapatan bagi tumah tangga individu anak lebih teratur. Di sisi lain anak-anak dikondisikan oleh posisi subkultur dan kelas sosial ekonomi yang pada gilirannya mempengaruhi kognisi dan perilaku mereka. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap literasi finansial mahasiswa pengaruh pengelolaan keuangan keluarga terhadap literasi finansial mahasiswa pengaruh pembelajaran matakuliah Akuntansi terhadap literasi finansial mahasiswa dan pengaruh ketiga variabel bebas tersebut secara simultan terhadap literasi finansial mahasiswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya explanatory. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Dari teknik purposive sampling diperoleh sampel penelitian mahasiswa FE UM angkatan 2012 sebanyak 275 mahasiswa yang disebar secara proporsional pada sembilan program studi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan 1) adanya pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap literasi finansial mahasiswa 2) Adanya pengaruh pengelolaan keuangan keluarga terhadap literasi finansial mahasiswa 3) Adanya pengaruh pembelajaran matakuliah Akuntansi terhadap literasi finansial mahasiswa 4) status sosial ekonomi orang tua pengelolaan keuangan keluarga dan pembelajaran matakuliah Akuntansi secara simultan berpengaruh terhadap literasi finansial mahasiswa. Berdasarkan temuan penelitian dapat disarankan kepada mahasiswa agar menyadari bahwa pendidikan keuangan yang diperoleh dari perkuliahan sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari sehingga perlu ditingkatkan. Kepada orang tua disarankan hendaknya penelitian dijadikan acuan pentingnya melaksanakan pengelolaan keuangan yang baik sehingga anak memiliki pengetahuan keuangan sedini mungkin. Sedangkan untuk Universitas Negeri Malang khususnya Fakultas Ekonomi hasil penelitian diharapkan dapat dijadikan bahan masukan dan pertimbangan untuk merumuskan kurikulum yang tepat dalam bidang pendidikan keuangan. Diharapkan pula adanya penelitian lebih lanjut misalnya dengan menerapkan penelitian ini pada mahasiswa jurusan lain sehingga hasil penelitian bisa berlaku lebih general dan pentingnya literasi finansial dapat disadari oleh mahasiswa pada umumnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61248

Actions (login required)

View Item View Item