Pengembangan pembelajaran ekonomi Pancasila melalui model Democratic Cooperative Learning (DCL) di SMA Negeri 3 Kota Ternate / Iswadi M. Ahmad - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran ekonomi Pancasila melalui model Democratic Cooperative Learning (DCL) di SMA Negeri 3 Kota Ternate / Iswadi M. Ahmad

Ahmad, Iswadi M. (2015) Pengembangan pembelajaran ekonomi Pancasila melalui model Democratic Cooperative Learning (DCL) di SMA Negeri 3 Kota Ternate / Iswadi M. Ahmad. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Iswadi M. Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran Ekonomi Pencasila Melalui Model Democratic Cooparative Learning (DCL) Tesis Jurusan Pendidikan Ekonomi Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Mit Witjaksono MS. Ed. (2) Dr. Sri Umi Mintarti W SE. MP. Ak. Kata kunci Ekonomi Pancasila Model Democratic Cooparative Learning 12288 12288 12288 12288 Demokrasi ekonomi telah lama menjadi amanat konstitusi sebagai mana tercantum Pasal 33 UUD 1945 pada kenyataannya penerapannya saat ini masih jauh dari harapan. Hal ini dikarenakan agenda ekonomi neoliberal yang semakin mencengkram di Negara kita mengakibatkan ekonomi kita semakin terjajah. Ironisnya paham liberalisme tidak hanya mengakibatkan keterjajahan perekonomian nasional kita. Akan tetapi kondisi pendidikan ekonomi kita saat ini juga menunjukkan adanya keterjajahan akademis yakni terjadi keterjajahan pembelajaran ekonomi yang cenderung pada pemikiran ekonomi pasar yang kapitalis/liberalis. Untuk mengubah keadaan kita dituntut untuk dapat melahirkan koreksi kreatif terobosan-terobosan inovatif dalam pengajaran ilmu ekonomi. Kita semua bertanggun jawab untuk membentuk pola pikir yang baru (normatif ideologis) untuk pengajaran ilmu ekonomi pada anak didik kita. Pembaharuan yang normatif ideologis dalam pembelajaran ekonomi yang harus dilakukan melalui implementasi pendidikan pembelajaran Ekonomi Pancasila. Hasil observasi yang dilakukan peneliti pada bulan Juni 2013 di SMA Negeri 3 Kota Ternate. Hasil observasi menunjukkan bahwa pembelajaran ekonomi di kelas masih cenderung pada nilai-nilai liberalisme kepada peserta didik serta melupakan nilai-nilai leluhur bangsa yang terkandung dalam Pancasila dan UUD 1945. Pembelajaran ekonomi yang cenderung bernilai liberalisme tanpa dikoreksi oleh guru ekonomi. Hal ini akan membentuk pemikiran sikap dan perilaku peserta didik liberalis individualis serta terjadi degradasi moral. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pembelajaran ekonomi Pancasila melalui model Democratic Cooparative Learning (DCL). Peneliti ini mengunakan pendekatan Design Based Recearch. Teknik analisa data yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik statistik deskriptif dan kualitatif. 12288 12288 12288 12288 Hasil peneltian pengembangan ini menunjukan model DCL dapat menanamkan sikap kerjasama (gotongroyong) tanggungjawab demokrasi dalam memecakan masalah ekonomi. Dilain pihak uji coba model DC1 menunjukan bahwa perolehan hasil belajar siswa untuk pertemuan pertamama nilai rata-rata siswa 58 50 % pertemuan kedua 60 75% pertemuan ketiga 70 95% dan pertemuan keempat 80 31%. Hal ini mencerminkan bahwa hasil belajar siswa mengalami tren peningkatan hinga mencapai kriteria ketuntasan yakni 80 %. 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61246

Actions (login required)

View Item View Item