Pengembangan pembelajaran berbasis web materi pemasaran mata kuliah pengantar bisnis Program Studi Pendidikan EKonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Samawa (UNSA) / Erma Suryani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan pembelajaran berbasis web materi pemasaran mata kuliah pengantar bisnis Program Studi Pendidikan EKonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Samawa (UNSA) / Erma Suryani

Suryani, Erma (2015) Pengembangan pembelajaran berbasis web materi pemasaran mata kuliah pengantar bisnis Program Studi Pendidikan EKonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Samawa (UNSA) / Erma Suryani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Erma Suryani 2014. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Web materi Pemasaran Matakuliah Pengantar Bisnis Di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Samawa (UNSA) Sumbawa. Tesis. Program Studi Pendidikan Ekonomi Pembimbing (I) Dr. Hari Wahyono M.Pd (II) Dr. Sri Umi Mintarti SE. M.Pd. Ak Kata Kunci Pengembangan bahan ajar berbasis web Kemajuan teknologi dibidang edukasi mengharuskan para pelaku pendidikan berpacu untuk berinovasi dan berkreasi memanfaatkan kecangihan teknologi informasi dalam setiap aktivitas pembelajaran. Pembelajaran berbasis web memiliki pengaruh yang sangat besar dalam pelaksanaan proses dan hasil pembelajaran. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan web pembelajaran mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Samawa (UNSA) Sumbawa Besar. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam rancangan penelitian ini adalah rancangan Penelitian Pengembangan Borg Gall dengan menggunakan instrument penelitian berupa angket tertutup dan terbuk dan disertai dengan wawancara. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif dengan sumber data yang berasal dari validator isi validator desain pembelajaran validator media pembelajaran dosen pengampuh mata kuliah dan mahasiswa pendidikan ekonomi angkatan 2014 FKIP Universitas Samawa. Prosedur pengembangan ini memiliki 10 tahapan pengmbangan yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan draf produk dan instrument (4) uji validasi (5) revisi hasil validasi (6) uji coba lapangan awal (7) revisi hasil uji coba (8) uji coba lapangan (9) penyempurnaan hasil produk uji coba (10) produk akhir pengembangan. Produk ini telah melalui serangkaian tahap validasi dan uji coba. Pada validasi ahli isi bahan ajar berbasis web mendapatkan presentase sebesar 76 % atau berkategori pada tingkat layak dan tidak perlu direvisi. Pada validasi desain bahan ajar berbasis web mendapat presentase sebesar 77% atau berkategori tingkat layak. Pada validasi media bahan ajar berbasis web mendapat presentase sebesar 92 8 % yang berarti sangat layak. Pada uji coba dosen pengampuh matakuliah bahan ajar berbasis web mendapat presentase sebesar 82% yang berarti layak. Pada uji coba kelompok kecil bahan ajar berbasis web mendapat presentase sebesar 78% atau kategori layak. Dan pada uji coba kelompok besar bahan ajar berbasis web mendapat presentase sebesar 79% atau kategori layak. Hasil dari validasi hingga uji coba tersebut menunjukan bahwa produk yang dikembangkan memiliki nilai validitas yang tinggi dan dapat dinyatakan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jan 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61245

Actions (login required)

View Item View Item