Pemahaman guru dalam pembelajaran IPS Terpadu sesuai tuntutan kurikulum 2013 di SMP Negeri Kota Blitar / Nailariza Umami - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemahaman guru dalam pembelajaran IPS Terpadu sesuai tuntutan kurikulum 2013 di SMP Negeri Kota Blitar / Nailariza Umami

Umami, Nailariza (2014) Pemahaman guru dalam pembelajaran IPS Terpadu sesuai tuntutan kurikulum 2013 di SMP Negeri Kota Blitar / Nailariza Umami. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Umami Nailariza. 2014. Pemahaman Guru dalam Pembelajaran IPS sesuai Tuntutan Kurikulum 2013 di SMP Negeri Kota Blitar.Tesis.Prodi S2 Pendidikan Ekonomi JenjangMagister Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. J. G. Nirbito M.Pd. (II) Dr. Mit Witjaksono MS.Ed. Kata kunci Pemahaman Pembelajaran IPS Kurikulum 2013 . 12288 12288 12288 12288 12288 Guru memegang peran sangat penting dalam keberhasilan pelaksanaan pembelajaran begitu juga dalam keberhasilan pembelajaran IPS yang dikembangkan sebagai mata pelajaran integrative science bukan sebagai pendidikan disiplin ilmu. Berdasarkan Permendiknas Nomor 16 tahun 2007 tentang Standar Kualifikas Akademik dan Kompetensi Guru untuk tingkat SMP tidak dikenal adanya kompetensi guru geografi ekonomi sejarah dan sosiologi tetapi yang ada adalah Kompetnsi Guru Mata Pelajaran IPS. Jadi kalau kita mengacu kepada Permendiknas di atas nampak jelas bahwa apapun latar belakang pendidikan guru (geografi ekonomi dan sejarah serta sosioligi) kalau bertugas di tingkat SMP guru diwajibkan untuk memahami mendalami dan melaksanakan pembelajaran terpadu IPS. 12288 12288 12288 12288 12288 Dari observasi awal yang dilakukan peneliti diketahui bahwa sebagian besar guru IPS menyatakan masih merasa kesulitan dalam mengajarkan mata pelajaran IPS secara terpadu. Sehingga perlu diketahi dan dikaji tentang pemahaman guru dalam pelaksanakan pembelajaran IPS Terpadu sesuai tuntutan Kurikulum 2013.Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untukPemahaman konsep pembelajaran IPS Kurikulum 2013 sesuai penafsirani guru IPS dan Pelaksanaan pembelajaran IPS. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah bagaimana guru berusaha memahami pembelajaran IPS sesuai Kurikulum 2013. Telaah ini dimaksudkan untuk mengatahui hasil usaha guru dalam memahami pembelajaran IPS sesuai Kurikulum 2013. Tahapan proses pengumpulan data yaitu (a) Observasi awal (b) penyebaran kuesioner (c) wawancara (d) dokumentasi dan (e) pengamatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa guru IPS belum memahami konsep pembelajaran IPS dengan baik. Sehingga hal itu berpengaruh kepada perencanaan serta pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan. Hal itu terbukti dengan rancangan pembelajaran IPS yang disusun oleh guru belum menunjukkan konsep integrated yang seharusnya menjadi karakteristik pembelajaran IPS. Sedangkan secara umum RPP yang di susun oleh guru sudah mengacu pada contoh format Peremendikbud Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum. Tetapi karena kesesuaian itu menyebankan guru membuat RPP dan indikator terpaku pada contoh yang sudah ada. Hal ini terjadi dikarenakan perumusan indikator dan tujuan belum dirumuskan sendiri oleh guru.Untuk pelaksanaan pembelajaran IPS guru masih belum dapat melaksanakan pembelajaran secara terpadu mulai dari materi strategi penyampaian metode pembelajaran serta media yang di gunakan sangat minim untuk mengarah pada pembelajaran terpadu. Untuk pendekatan scientifik juga belum maksimal dilaksanakan. Dari hasil penelitian disarankan bahwa pemerintah harus lebih serius dalam menyempurnakan kurikulum dengan menyelenggarakan berbagai seminar workshop dan pelatihan-pelatiahn bagi guru adanya buku panduan mengenai pembelajaran IPS terpadu. Bagi Universitas Negeri Malang sebaiknya menyediakan mahasiswa lulusan yag berkompeten di bidang ilmu sosial khusus untuk mengajar mata pelajaran IPS terpadu di SMP/MTs. Bagi SMP Negeri di Kota Blitar mengadakan pelatihan pendalama materi IPS terpadu untuk guru IPS terpadu baik persekolah maupun sekota Blitar. Guru IPS harus lebih kreatif dan profesional dalam kegiatan belajara mengajar. Penggunaan metode dan medi harus lebih ditingkatkan untuk meningkatkan hasil belajar. Sumber belajar yang digunakan lebih lengkap dan tidak bergantung dari buku paket saja

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61242

Actions (login required)

View Item View Item