Pengembangan model pembelajaran inkuiri berbasis kontekstual dengan strategi REACT (pada mata pelajaran akuntansi perusahaan dagang siswa SMK PGRI 7 Malang) / Novitasari Agus Saputri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model pembelajaran inkuiri berbasis kontekstual dengan strategi REACT (pada mata pelajaran akuntansi perusahaan dagang siswa SMK PGRI 7 Malang) / Novitasari Agus Saputri

Saputri, Novitasari Agus (2014) Pengembangan model pembelajaran inkuiri berbasis kontekstual dengan strategi REACT (pada mata pelajaran akuntansi perusahaan dagang siswa SMK PGRI 7 Malang) / Novitasari Agus Saputri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Saputri Novitasari Agus. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Kontekstual dengan Strategi REACT (Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Dagang Siswa SMK PGRI 7 Malang). Tesis. Jurusan Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Drs. Sri Umi Mintarti W. S.E. M.S. Ak. (2) Dr. Hari Wahyono M.Pd . Kata Kunci Model Inkuiri Kontekstual Strategi REACT Pemerintah melalui jalur pendidikan sedang melakukan berbagai upaya peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.Salah satunya dengan perubahan kurikulum dari KTSP menuju Kurikulum 2013. Sesuai dengan Kurikulum 2013 pendekatan scientific selalu digunakan dalam proses pembelajaran. Pembelajaran dalam kurikulum 2013 tidak hanya bertujuan meningkatkan ranah kognitif siswa namun juga bertujuan meningkatkan ranah psikomotor dan ranah afektif siswa. Materi laporan keuangan perusahaan juga termasuk yang dibahas dalam Kurikulum 20013. Pembelajaran dengan pendekatan scientific dapat dilaksanakan dengan berbagai model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah model pembelajaran inkuri. Model pembelajaran inkuiri menuntut siswa untuk menggali pengetahuanya sendiri melalui pengalaman mereka. Pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai media belajar dianggap mampu membantu siswa mempermudah mengaitkan materi pokok yang sedang dipelajari siswa dengan lingkunganya. Selain itu strategi REACT dianggap mampu mendukung pembelajaran dengan pendekatan scientific karena dalam langkah pembellajaran strategi REACT banyak melibatkan peran aktif siswa. 12288 12288 12288 12288 Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah mengetahui kelayakan model pembelajaran yang sudah dikembangkan mengetahui tanggapan validator ahli terhadap model pembelajaran yang sudah dikembangkan dan mengetahui efektifitas produk yang dikembangkan. Pengembangan model embelajaran ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall dan kolaborasi dengan pengembangan Akbar dan Sriwiyana melalui enam langkah pengembangan yaitu studi pendahuluan perencanaan pengembangan produk validasi ahli uji coba produk produk akhir. Hasil validasi ahli pendiidkan menunjukan bahwa pengukuran silabus memperoleh presentase 95 45% yang menunjukan kriteria valid dan dapat digunakan pengukuran RPP memperoleh presentase 100% dengan kriteria valid dan dapat digunakan penilaian model pembelajaran memperoleh presentase 85 71% dengan kriteria valid dan dapat digunakan. Uji ahli materi menunjukan presentase 90 69% menunjukan kriteria valid dan dapat digunakan. Hasil akhir uji coba produk menunjukan presentase 88 74 dengan kesimpulan proses pembelajaran dengan menggunakan model pemeblajaran yang sudah dikembangkan dapat terlaksana dengan baik dan sudah sesuai dengan prinsip pembelajaran kontekstual. Hasil uji efektifitas menunujukan model pembelajaran yang dikembenagkan mampu meningkatkan efektifitas hasil belajar siswa melalui kegiatan pre-test dan post-test.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61241

Actions (login required)

View Item View Item