Astuti, Rika Pristian Fitri (2014) Analisis pengelolaam pembelajaran ekonomi di SMA Negeri Kabupaten Blitar / Rika Pristian Fitri Astuti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pristian Rika. 2014. Analisis Pengelolaan Pembelajaran Ekonomi Di SMA Negeri Kabupaten Blitar. Tesis Program Pascasarjana Prodi S2 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sunaryanto M.Ed (2) Dr. Mit Witjaksono MS.Ed Kata kunci pembelajaran Ekonomi pendidikan Ekonomi Dalam mengelola pembelajaran seorang guru perlu mempunyai berbagai macam strategi pembelajaran tertertu sesuai dengan apa yang dia yakini yang terbaik. Supaya proses pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran Ekonomi yang dilakukan guru Ekonomi di SMA Negeri Kabupaten Blitar. Pengelolaan pembelajaran guru dilihat berdasarkan perencanaan pembelajaran strategi penyampaian isi materi Ekonomi meliputi metode dan media pembelajaran dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif adalah suatu proses penelitian dan pemahaman yang berdasarkan pada metodologi yang menyelidiki suatu fenomena sosial dan masalah manusia. Didalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan beberapa metode seperti observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. 12288 12288 12288 12288 Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengelolaan pembelajaran yang dilakukan guru berdasarkan perencanaan pembelajaran di kelas belum sesuai dengan RPP. Sedangkan pengelolaan pembelajaran Ekonomi berdasarkan strategi penyampaian isi pelajaran sebagian besar guru masih menggunakan metode ceramah diskusi tanya jawab dan penugasan sedangkan media pembelajaran yang digunakan berupa LCD tetapi masih terdapat guru yang lebih senang menggunakan media papan tulis dengan alasan lebih efektif. Evaluasi yang dilakukan oleh guru tidak hanya dilakukan saat ulangan harian tugas UTS dan UAS tetapi penilaian berlangsung secara terus menerus pada saat proses pembelajaran berlangsung seperti penilaian berdasarkan sikap keaktifan siswa dalam kelas. Selain itu guru juga melakukan penilaian kognitif dan afektif sedangkan penilaian psikomotor jarang dilakukan. Dalam pengelolaan pembelajaran Ekonomi sebagian besar siswa menyukai pelajaran Ekonomi karena dalam menyampaikan materi Ekonomi guru mudah dipahami dan metode yang digunakan menyenangkan. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini diharapkan dapat sebagai masukan yang positif bagi guru dalam melakukan pengelolaan pembelajaran ekonomi. Guru disarankan dalam menyampaikan isi pembelajaran untuk lebih cerdas cermat dan variatif dalam memilih penggunaan metode pembelajaran dan terkadang proses pembelajaran dilakukan dengan membawa siswa ke dunia nyata yang bermanfaat lebih banyak bagi pembelajaran siswa. Siswa dapat belajar mengembangkan potensi kognitif afektif dan psikomotornya secara seimbang langsung praktik merasakan dan melakukan unjuk kompetensi siswa dalam kehidupan sehari- hari. Dimana pembelajaran tidak hanya dilakukan di dalam kelas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Jul 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61240 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |