Peningkatan pemahaman aktivitas ekonomi melalui model make a match di kelas IV semester 2 SDN Selopuro 04 Kabupaten Blitar / Marya Anggrasari

Anggrasari, Marya (2016) Peningkatan pemahaman aktivitas ekonomi melalui model make a match di kelas IV semester 2 SDN Selopuro 04 Kabupaten Blitar / Marya Anggrasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggrasari, Marya. 2016. Peningkatan Pemahaman Aktivitas Ekonomi Melalui Model Make A Match di Kelas IV Semester 2 SDN Selopuro 04 Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Kependidikan Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Suwarti, S.Pd, M.Pd, (II) Dra. Sutansi, M.Pd. Kata Kunci: pemahaman, aktivitas ekonomi, model make a match. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Selopuro 04 Kabupaten Blitar pada siswa kelas IV dengan jumlah 26 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian ini dilatarbelakangi karena pemahaman siswa terhadap materi aktivitas ekonomi masih sangat kurang, sehingga hasil belajar siswa rendah. Siswa belum dapat mengelompokkan contoh pada jenis aktivitas ekonomi dan belum dapat menyimpulkan materi pelajaran Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model make a match pada materi aktivitas ekonomi di Kelas IV Semester 2 SDN Selopuro 04 Kabupaten Blitar dan peningkatan pemahaman aktivitas ekonomi melalui model make a match di kelas IV semester 2 SDN Selopuro 04 Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dengan teknik observasi, dokumentasi, wawancara, catatan lapangan, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan model make a match pada materi aktivitas ekonomi dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan pemahaman siswa. Hal ini terlihat dari persentase aktivitas guru dari siklus I pertemuan 1 sebesar 75%, pertemuan 2 sebesar 85%, siklus II pertemuan 1 sebesar 90%, dan pertemuan 2 sebesar 100%. Persentase aktivitas siswa dari siklus I pertemuan 1 sebesar 78%, pertemuan 2 sebesar 89%, siklus II pertemuan 1 sebesar 96%, dan pertemuan 2 sebesar 98%. Persentase ketuntasan untuk pemahaman siswa dari siklus I pertemuan 1 sebesar 40%, pertemuan 2 sebesar 62%, siklus II pertemuan 1 sebesar 85%, dan pertemuan 2 sebesar 92%. Data tersebut dapat disimpulkan bahwa model make a match dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang aktivitas ekonomi pada siswa kelas IV SDN Selopuro 04 Kabupaten Blitar. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar dapat menerapkan model make a match pada pelajaran lain untuk meningkatkan aktivitas siswa dan pemahaman siswa terhadap materi sehingga kualitas pembelajaran di sekolah dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6124

Actions (login required)

View Item View Item