Pengembangan model permainan tradisional "Benteng-bentengan" sebagai wahana pembelajaran IPS terpadu di Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Widi Salendra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model permainan tradisional "Benteng-bentengan" sebagai wahana pembelajaran IPS terpadu di Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Widi Salendra

Salendra, Widi (2014) Pengembangan model permainan tradisional "Benteng-bentengan" sebagai wahana pembelajaran IPS terpadu di Sekolah Menengah Pertama (SMP) / Widi Salendra. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salendra Widi. 2014. Pengembangan Model Permainan Tradisional Benteng-Bentengan Sebagai Wahana Pembelajaran Ilmu pengetahuan Sosial Ips Terpadu Di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tesis. Prodi S2 Pendidikan Ekonomi Jenjang Magister Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mit Witjaksono MS.Ed (II) Dr.Agung Haryono M.P SE Ak Kata kunci Pembelajaran IPS Model permainan tradisional benteng-bentengan 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil observasi awal menunjukkan bahwa pembelajaran IPS SMP terpaku pada penyelesaian penyampaian materi yang terdapat pada buku teks kepada peserta didik dan kurangnya minat peserta didik untuk mempelajari IPS karena beberapa faktor Keadaan tersebut berarti bahwa pembelajaran IPS yang selama ini diterjadikan di kelas cenderung belum memenuhi tujuan dari pembelajaran IPS serta melupakan nilai-nilai luhur budaya Bangsa Indonesia yang terkandung pada Pancasila dan UUD 1945 dan juga seperti tujuanpendidikan nasional tahun 2003. Pembelajaran IPS dengan model permainan tradisional diwujudkan untuk mencapai Tujuan Pendidikan Nasional dan juga tujuan pembelajaran IPS dalam kurikulum 2013 Serta melalui pengembangan ini pendidikan IPS mampu mentransformasikan nilai-nilai budaya untuk mencapai kemajuan baik individual maupun masyarakat dan juga melestarikan budaya Indonesia melalui model permainan Tradisional. 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini menggunakan pendekatan model Design Based Research dengan 6 tahapan dan dalam pengembangan Model permainan tradision. benteng-bentengan . Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistika deskriptif dan kualitatif. 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan hasil tanggapan peserta didik pada saat uji coba di SMPN 04 Jember dan MTS Nuris Jember dengan rata-rata 93 5% dan 97 04%. Hal ini berarti bahwa model permainan tradisional benteng bentengan dapat memahamkan peserta didik tentang konsep IPS yang sesuai dengan tujuan pendidikan IPS nilai-nilai karakter kebangsaan diantaranya cinta produk Indonesia menjunjung tinggi kebersamaan menghargai pendapat orang lain bijak dan musyawarah untuk mufakat. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan agar (1)Pemanfaatan skenario pembelajaran dengan model pembelajaran permainan tradisional perlu dikembangkan untuk semua materi dengan beberapa modifikasi model permaian tradisional lainnya (2) Pengembangan produk lebih lanjut berupa pengembangan skenario pembelajaran dengan model pembelajaran permainan tradisional melalui sarana media elektronik yang inovatif dan kreatif.(3)Rekomendasi hasil penelitian bahwa produk tersebut dapat digunakan pada saat pendidik membelajarkan materi yang bersifat teoritis. (4) Terus mencari inovasi dari jenis permaianan tradisional yang lain yang akan digunakan dalam pengembangan model pembelajaran agar budaya kita terus dapat dingat. 12288 12288 12288 12288 12288

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61239

Actions (login required)

View Item View Item