Pengembangan desain pembelajaran ekonomi bernuansa pasal 33 UUD 1945 / Ayu Dwidyah Rini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan desain pembelajaran ekonomi bernuansa pasal 33 UUD 1945 / Ayu Dwidyah Rini

Rini, Ayu Dwidyah (2014) Pengembangan desain pembelajaran ekonomi bernuansa pasal 33 UUD 1945 / Ayu Dwidyah Rini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rini Ayu Dwidyah. 2014. Pengembangan Desain Pembelajaran Ekonomi Bernuansa Pasal 33 UUD 1945. Tesis Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mit Witjaksono M.S. Ed. (II) Dr. Bambang Pranowo S.E. M.Pd Kata Kunci Desain Pembelajaran Pembelajaran Ekonomi Pasal 33 UUD 1945 Pelaksanaan orientasi perekonomian nasional dalam praktiknya harus sejalan dengan amanat ekonomi nasional yang tertuang dalam pasal 33 Undang Undang dasar 1945. Orientasi perekonomian nasional sejalan dengan tujuan pendidikan nasional. Tujuan pendidikan nasional ini perlu diwujudkan dalam konteks pembelajaran ekonomi. Upaya yang dilakukan dalam konteks pembelajaran ekonomi adalah meninjau ulang (Re-definisi) mengenai relevansi pembelajaran ekonomi Indonesia dengan orientasi ekonomi Indonesia. Redefinisi harus diikuti dengan reorientasi (mengarahkan kembali) pembelajaran Ekonomi di Indonesia. Pengembangan desain pembelajaran bernuansa pasal 33 UUD 1945 dengan penelitian berbasis desain (DBR) yang dilakukan sebagai re-orientasi pembelajaran ekonomi mampu mengarahkan subyek pembelajaran (mahasiswa) dalam melaksanakan Tri Dharma mahasiswa yaitu belajar meneliti dan mengabdikan ilmu pengetahuan yang diterima selama proses pembelajaran kepada lingkungan masyarakat. Tujuan dari pengembangan desain pembelajaran bernuansa pasal 33 UUD 1945 sebagai (1) pendekatan dan proses pembelajaran secara sistematis untuk mengubah cara berpikir sikap serta keterampilan berpikir kritis analitis mahasiswa berbasis pasal 33 UUD 1945. (2) Perintisan kegiatan lab site sebagai pendekatan dan proses pembelajaran secara sistematis untuk mempraktekkan perekonomian berbasis pasal 33 UUD 1945. Spesifikasi dari produk penelitian berupa perangkat pembelajaran yang terdiri dari skenario kegiatan pembelajaran bernuansa pasal 33 UUD 1945 interaksi pembelajaran hasil belajar langsung dan refleksi pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode grounded theory melalui rancangan penelitian berbasis desain (DBR). Data dikumpulkan dengan analisis dokumen pengamatan wawancara survei dan eksplorasi serta FGD dengan 25 informan dan dianalisis dengan analisis isi statistik-deskriptif serta riset-komparatif. Hasil akhir dari pengembangan desain pembelajaran ekonomi berupa refleksi pembelajaran yang menyatakan bahwa pengembangan desain pembelajaran ekonomi telah mampu menciptakan (1) outcome situasi pembelajaran bernuansa pasal 33 ayat 1 UUD 1945 (2) Budaya kekeluargaan pada kegiatan pembelajaran yang teraplikasi pada perwujudan usaha bersama melalui musyawarah dalam kegiatan pembelajaran dan wahana bazar. Maka secara teknis operasional perangkat pembelajaran serta wahana bazar sangat potensial untuk dikembangkan menjadi pengembangan desain pembelajaran dan kegiatan lab site bagi komunitas mahasiswa jurusan ekonomi pembangunan FE-UM. Disamping itu secara akademis kemampuan dan kesiapan komunitas mahasiswa telah mengalami perubahan dalam (1) peningkatan wawasan pengalaman komunitas mahasiswa dalam memahami pasal 33 ayat 1 UUD 1945 (2) meningkatnya sikap dan kemampuan berpikir kritis-analistis dalam merancang serta mewujudakan perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan yang dibuktikan dengan hasil dari alur situasi kegiatan bazar. Secara akademis dua hal inilah yang menjadi prasarat pengembangan desain pembelajaran bernuansa pasal 33 UUD 1945

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61238

Actions (login required)

View Item View Item