Pengaruh pendidikan ekonomi di keluarga, pembelajaran ekonomi di sekolah terhadap perilaku konsumsi yang dimediasi oleh prestasi belajar (studi pada siswa SMA Negeri kelas XI IPS se Kabupaten Lumajang) / Triwilujeng Ayuningtyas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendidikan ekonomi di keluarga, pembelajaran ekonomi di sekolah terhadap perilaku konsumsi yang dimediasi oleh prestasi belajar (studi pada siswa SMA Negeri kelas XI IPS se Kabupaten Lumajang) / Triwilujeng Ayuningtyas

Ayuningtyas, Triwilujeng (2014) Pengaruh pendidikan ekonomi di keluarga, pembelajaran ekonomi di sekolah terhadap perilaku konsumsi yang dimediasi oleh prestasi belajar (studi pada siswa SMA Negeri kelas XI IPS se Kabupaten Lumajang) / Triwilujeng Ayuningtyas. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ayuningtyas Triwilujeng. 2014. Pengaruh Pendidikan Ekonomi di Keluarga Pembelajaran Ekonomi di Sekolah Terhadap Perilaku Konsumsi yang Dimediasi oleh Prestasi Belajar (Studi Pada Siswa SMA Negeri Kelas XI IPS Se Kabupaten Lumajang). Tesis Jurusan Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Agung Haryono SE. M.P. Ak (II) Prof. Dr. Wahjoedi ME Kata kunci pendidikan ekonomi di keluarga pembelajaran ekonomi di sekolah prestasi belajar perilaku konsumsi Fenomena yang terjadi saat ini adalah arus globalisasi dan perdagangan bebas begitu cepat masuk ke dalam masyarakat terutama di kalangan pelajar. Pengaruhnya terhadap generasi muda begitu kuat dalam mempengaruhi perilaku konsumsi karena para generasi muda termasuk segmen pasar yang berpotensi. Pendidikan ekonomi di keluarga mempunyai pengaruh terhadap perilaku konsumsi anak karena segala keputusan konsumsi bagi anak biasanya diputuskan oleh orang tua. Pembelajaran yang dilakukan guru terhadap siswa di sekolah juga memiliki peranan penting dalam mengajarkan perilaku konsumsi dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) pengaruh pendidikan ekonomi di keluarga terhadap prestasi belajar (2) pengaruh pembelajaran ekonomi di sekolah terhadap prestasi belajar (3) pengaruh prestasi belajar terhadap perilaku konsumsi (4) pengaruh pendidikan ekonomi di keluarga terhadap perilaku konsumsi (5) pengaruh pembelajaran ekonomi di sekolah terhadap perilaku konsumsi (6) pendidikan ekonomi di keluarga melalui prestasi belajar mempengaruhi perilaku konsumsi (7) pembelajaran ekonomi di sekolah melalui prestasi belajar mempengaruhi perilaku konsumsi. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya explanatory. Populasi dalam penelitian ini 312 siswa dan sampelnya sebanyak 175 siswa. Penelitian ini menggunakan analisis jalur (path analysis) untuk melihat pengaruh langsung maupun tidak langsung pendidikan ekonomi di keluarga pembelajaran ekonomi di sekolah terhadap perilaku konsumsi melalui prestasi belajar. Hasil penelitian menyimpulkan (1) pendidikan ekonomi di keluarga tidak memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar (2) pembelajaran ekonomi di sekolah memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar (3) prestasi belajar tidak memiliki pengaruh terhadap perilaku konsumsi (4) pendidikan ekonomi di keluarga memiliki pengaruh terhadap perilaku konsumsi (5) pembelajaran ekonomi di sekolah memiliki pengaruh terhadap perilaku konsumsi (6) pendidikan ekonomi di keluarga tidak berpengaruh secara langsung terhadap perilaku konsumsi melalui prestasi belajar (7) pembelajaran ekonomi di sekolah tidak berpengaruh secara langsung terhadap perilaku konsumsi melalui prestasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian beberapa sarannya yaitu (1) Pendidikan ekonomi di keluarga seharusnya lebih ditingkatkan lagi dan dijadikan acuan bagi orang tua dalam melaksanakan pendidikan ekonomi di keluarga karena dapat mempengaruhi perilaku konsumsi dan prestasi belajar bagi anaknya (2) Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan masukan dan pertimbangan bagi peneliti lain untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan masalah-masalah perilaku konsumsi pada subyek penelitian yang berbeda dan mengembangkan variabel-variabel baru yang belum dikaji (3) Hasil penelitian dapat dijadikan bahan masukan dan pertimbangan untuk mengembangkan dan merancang model-model serta strategi dalam pembelajaran ekonomi yang kreatif dan inovatif yang utamanya berkaitan dengan masalah penanaman perilaku konsumsi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61236

Actions (login required)

View Item View Item