Pengembangan bahan ajar berbasis masalah menanamkan rasionalitas ekonomi / Dedy Febry Rachman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis masalah menanamkan rasionalitas ekonomi / Dedy Febry Rachman

Rachman, Dedy Febry (2014) Pengembangan bahan ajar berbasis masalah menanamkan rasionalitas ekonomi / Dedy Febry Rachman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rachman Dedy Febry. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah Menanamkan Rasionalitas Ekonomi. Tesis Program Studi Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hari Wahyono M.Pd. (II) Dr. Bambang Pranowo S.E. M.Pd. Ak. Kata Kunci bahan ajar berbasis masalah rasionalitas ekonomi Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan dalam proses pembelajaran Kelas X SMAN 5 Kota Malang ditemukan permasalahan yang terjadi yaitu dibutuhkannya bahan ajar yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran dan materi ajar yang ada dilapangan belum mendekatkan siswa dengan kondisi lingkungan disekitarnya. Solusi pemecahan masalah yang dilakukan yaitu dengan mengembangkan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan karakteristik dan lingkungan disekitar siswa. Bahan ajar Rasionalitas Ekonomi penting dikembangkan untuk memberikan pembelajaran bermakna dan keberlanjutan menjadikan siswa menjadi lebih rasional dalam bertindak. Tujuan dari penelitian dan pengembangan produk ini untuk menghasilkan bahan ajar untuk siswa Kelas X. Kelayakan bahan ajar yang dikembangkan dinilai berdasarkan tingkat kevalidan kemenarikan dan keefektifan. Pengembangan bahan ajar ini menggunakan model pengembangan Dick et al. (2009). Langkah-langkah model pengembangan ini dilakukan sampai pada langkah ke 9 yaitu (1) mengidentifikasi tujuan pembelajaran (2) melakukan analisis pembelajaran (3) menganalisis pembelajaran dan lingkungan (4) merumuskan tujuan khusus (5) mengembangkan instrumen penilaian (6) mengembangkan strategi pembelajaran (7) mengembangkan dan memilih materi pembelajaran (8) mendesain dan melakukan evaluasi formatif dan (9) merevisi bahan ajar. Langkah ke 10 ditiadakan karena dalam penelitian ini hanya diperoleh hasil berupa prototype produk saja sesuai dengan tujuan penelitian dan pengembangan. Setelah prototype produk selesai dikembangkan selanjutnya dilakukan proses uji validasi ahli uji coba perorangan uji kelompok kecil dan uji lapangan. Berdasarkan hasil uji tersebut bahan ajar sangat valid menarik dan efektif dapat diterapkan dalam pembelajaran. Hal ini dapat diketahui dari hasil uji validasi dengan tingkat kelayakan produk dari ahli isi/materi sebesar 100% validasi ahli pendidikan diperoleh skor rata - rata sebesar 97.5%.Tingkat kemenarikan produk dengan skor presentase rata-rata sebesar 89 76% masuk kriteria sangat menarik. Produk efektif digunakan dengan rata-rata skor presentase sebesar 79 66%. Produk ini juga dapat dimanfaatkan untuk kalangan lebih luas dengan penyesuaian terutama penyesuaian pada karakteristik siswa sebagai pengguna. Lebih lanjut bahan ajar ini dapat dikembangkan bersumber pada nilai-nilai indikator rasionalitas ekonomi serta bahan ajar yang sudah dikembangkan dapat diintegrasikan dengan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61234

Actions (login required)

View Item View Item