Keberadaan dan peran sekolah pasar dalam perspektif cara berpikir, bersikap dan berperilaku pedagang pasar tradisional / Melisa Wahyu Fandyansari - Repositori Universitas Negeri Malang

Keberadaan dan peran sekolah pasar dalam perspektif cara berpikir, bersikap dan berperilaku pedagang pasar tradisional / Melisa Wahyu Fandyansari

Fandyansari, Melisa Wahyu (2014) Keberadaan dan peran sekolah pasar dalam perspektif cara berpikir, bersikap dan berperilaku pedagang pasar tradisional / Melisa Wahyu Fandyansari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Fandyansari Melisa. W. 2014. Keberadaan Dan Peran Sekolah Pasar Dalam Perspektif Cara Berpikir Bersikap dan Berperilaku Pedagang Pasar Tradisional. Tesis. Program Studi Pendidikan Ekonomi. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mit Witjaksono M.S.Ed. (II) Dr. Agung Haryono . S.E.Ak . M.Pd. Kata kunci Sekolah Pasar Cara Berpikir Bersikap Berperilaku 12288 12288 12288 12288 12288 Sekolah Pasar merupakan sebuah gerakan mengajar di pasar tradisional yang bertujuan untuk memberi penguatan modal material modal intelektual dan modal institusional kepada pedagang pasar tradisional. Sekolah Pasar mempunyai visi menjadikan pasar tradisional yang mandiri dan berkooperasi sebagai awal untuk mewujudkan kedaulatan pasar tradisional sebagai salah satu amanah Pasal 33 UUD 1945. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui perspektif cara berpikir bersikap dan berperilaku dari para pedagang pasar tradisional dan merupakan penelitian fenomenologi dalam melihat fenomena antara pedagang pasar dengan sekolah pasar. Penelitian dilakukan di Pasar Kranggan dan PUSTEK UGM dengan informan pada Pasar Kranggan sebanyak 5 orang pedagang peserta SoPas dan dari PUSTEK UGM sebanyak 3 orang anggota dari Tim Sekolah Pasar. Instrumen dalam penelitian ini adalah daftar pertanyaan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah pasar memang memberikan pengalaman dan pengetahun baru namun materi yang disampaikan lebih efektif berpengaruh kepada pedagang yang dahulu tidak bersekolah.Hasil penelitian ini kemudian menghasilkan beberapa rekomendasi yaitu (1). Penguatan tidak hanya di modal material modal institusional dan modal intelektual tapi juga modal mental (2). Pedagang diberikan materi tentang How To Win The Market dengan memberikan materi tentang menjadi pedagang yang kreatif dan inovatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61233

Actions (login required)

View Item View Item