Pengembangan model pembelajaran ekonomi berkarakter Pancasila di Sekolah Menengah Atas (SMA) / Novi Eko Prasetyo

Prasetyo, Novi Eko (2014) Pengembangan model pembelajaran ekonomi berkarakter Pancasila di Sekolah Menengah Atas (SMA) / Novi Eko Prasetyo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Eko, Novi.P. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Ekonomi Berkarakter Pancasila Di Sekolah Menengah Atas (Sma). Tesis. Prodi S2 Pendidikan Ekonomi, Jenjang Magister, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Hari Wahyono, M.Pd., (II) Dr. Mit Witjaksono, MS.Ed. Kata kunci: Pembelajaran Ekonomi, Model Pembelajaran Ekonomi Berkarakter Pancasila      Hasil observasi awal menunjukkan bahwa pembelajaran ekonomi di SMA cenderung hanya terpaku pada penyelesaian penyampaian materi yang terdapat pada buku teks kepada peserta didik dan kurangnya sikap saling menghargai dan menghormati antara satu sama lain, sikap adil, kebersamaan, suasana kekeluargaan dan gotong royong, serta kurangnya rasa tanggung jawab yang dimiliki oleh peserta didik. Keadaan tersebut rentan dengan tumbuh kembangnya nilai-nilai liberalisme dikalangan peserta didik serta kurangnya penanaman nilai-nilai luhur Bangsa Indonesia yang terkandung pada Pancasila dan UUD 1945 khususnya pada pasal 33 sehingga hanya mencetak generasi penerus bangsa yang berjiwa liberalisme daripada berjiwa Pancasila. Berkaitan dengan itu, maka diperlukan penelitian dan pengembangan pembelajaran ekonomi berkarakter pancasila melalui model pembelajaran ekonomi berkarakter Pancasila untuk menjadikan pembelajaran ekonomi yang dapat menginternalisasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dan Pasal 33 UUD 1945 yang mengacu pada tujuan pembelajaran ekonomi yang termaktub dalam Standar Isi.      Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan model pembelajaran ekonomi berkarakter Pancasila dengan pendekatan design based research (DBR). Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik statistika deskriptif dan kualitatif.      Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan hasil tanggapan peserta didik pada saat uji coba di SMAN 6 kota Malang sebesar 91,8%. Hal ini berarti bahwa Model Pembelajaran Ekonomi Berkarakter Pancasila dapat memahamkan peserta didik tentang konsep ekonomi yang sesuai dengan idiologi bangsa Indonesia terutama dapat menanamkan nilai-nilai karakter pancasila diantaranya, taqwa terhadap Tuhan YME, menjunjung tinggi kebersamaan, menghargai pendapat orang lain, hemat, bijak dan musyawarah untuk mufakat.      Berdasarkan hasil penelitian, dapat disarankan agar, (1) Pemanfaatan skenario pembelajaran dengan model pembelajaran ekonomi berkarakter Pancasila perlu dikembangkan untuk semua materi, (2) Pengembangan produk lebih lanjut berupa pengembangan skenario pembelajaran dengan model pembelajaran ekonomi berkarakter Pancasila melalui sarana media elektronik yang inovatif dan kreatif, (3) Rekomendasi hasil penelitian bahwa produk tersebut dapat digunakan pada saat pendidik membelajarkan materi yang berkaitan dengan penyelesaian masalah ekonomi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61232

Actions (login required)

View Item View Item