Pengaruh iklim organisasi sekolah, gaya kepemimpinan kepala sekolah, status sekolah, status sosial ekonomi terhadap kinerja guru ekonomi di SMA se-Kota Malang / Putri Vina Sefaverdiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh iklim organisasi sekolah, gaya kepemimpinan kepala sekolah, status sekolah, status sosial ekonomi terhadap kinerja guru ekonomi di SMA se-Kota Malang / Putri Vina Sefaverdiana

Sefaverdiana, Putri Vina (2014) Pengaruh iklim organisasi sekolah, gaya kepemimpinan kepala sekolah, status sekolah, status sosial ekonomi terhadap kinerja guru ekonomi di SMA se-Kota Malang / Putri Vina Sefaverdiana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sefaverdiana Putri Vina. 2014. Pengaruh Iklim Organisasi Sekolah Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Status Sosial Ekonomi terhadap Kinerja Guru Ekonomi di SMA Se-Kota Malang. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Umi Mintarti Widjaja S.E. M.P. Ak (II) Dr. Sunaryanto M.Ed Kata kunci iklim organisasi sekolah gaya kepemimpinan kepala sekolah status sosial ekonomi kinerja guru Kualitas kinerja guru akan sangat menentukan pada kualitas pendidikan karena guru merupakan pihak yang paling banyak bersentuhan dan berkomunikasi langsung dengan siswa dalam proses pendidikan. Seorang guru merupakan pemimpin pendidikan dimana beliau amat menentukan proses pembelajaran di kelas dan perannya akan tercermin dari bagaimana tugas dan tanggung jawab dapat terselesaikan dengan baik. Kinerja guru akan meningkat jika didukung dengan keadaan sekolah yang tenang dan nyaman sehingga mempengaruhi tingkah laku orang lain sehingga mewujudkan suasana pembelajaran yang efektif. Peran kepala sekolah sangat dibutuhkan untuk terlaksananya program pembelajaran dan tercapainya tujuan yang telah ditentukan sehingga hubungan yang baik dengan bawahan akan mendukung pelaksanaan kegiatan di sekolah. Selain itu status sosial ekonomi guru juga berperan dalam kinerja dimana dengan terpenuhinya kebutuhan akan membuat guru fokus pada pekerjaan utamanya yaitu sebagai tenaga pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan iklim organisasi sekolah gaya kepemimpinan kepala sekolah status sosial ekonomi terhadap kinerja guru ekonomi di SMA Se-Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian eksplanatori. Subjek penelitian ini adalah guru Ekonomi SMA Se-Kota Malang yang berjumlah 82 guru di 10 SMA Negeri dan 34 SMA Swasta. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Adapun hasil analisis dan pengujian hipotesisi penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) hubungan langsung yang signifikan antara iklim organisasi sekolah terhadap kinerja guru (2) hubungan langsung yang signifikan antara gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru (3) hubungan langsung yang signifikan antara status sosial ekonomi terhadap kinerja guru dan (4) hubungan langsung antara iklim organisasi gaya kemimpinan kepala sekolah status sosial ekonomi terhadap kinerja guru. Berdasarkan temuan-temuan penelitian di atas dapat dikemukakan saran sebagai berikut (1) Bagi sekolah disarankan untuk mempertahankan hubungan antar warga sekolah demi tercapainya cita-cita dan tujuan yang sama yaitu mencerdaskan anak bangsa dan meningkatkan kualitas sekolah (2) Bagi guru ekonomi tetap mempertahankan dan meningkatkan kualitas pembelajaran untuk memperbaiki kekurangan selama proses belajar mengajar di sekolah (3) Bagi peneliti selanjutnya untuk lebih mengembangkan variabel yang ada hubungan dan pengaruhnya terhadap kinerja guru disertai pengembangan masalah dari sudut yang berbeda.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61231

Actions (login required)

View Item View Item