Pengembangan model pembelajaran ekonomi The Money Adventure (TMA) / Rizky Dwi Putri

Putri, Rizky Dwi (2014) Pengembangan model pembelajaran ekonomi The Money Adventure (TMA) / Rizky Dwi Putri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Putri, Rizky Dwi. 2014. Pengembangan Model Pembelajaran Ekonomi The Money Adventure (TMA). Tesis, Prodi Pendidikan Ekonomi. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Hari Wahyono, M.Pd., (2) Dr. Bambang Pranowo, S.E., M.Pd., Ak. Kata kunci : simulasi, the money adventure (TMA), pembelajaran ekonomi             Sesuai dengan kurikulum, ekonomi merupakan ilmu tentang perilaku dan tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup yang bervariasi dan berkembang dengan sumber daya yang ada melalui pilihan-pilihan kegiatan produksi, konsumsi dan distribusi. Penelitian ini mengembangkan model pembelajaran ekonomi berbasis simulasi dan permainan TMA untuk materi valuta asing dan kurs. Materi tersebut bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi siswa untuk menggunakan analisa penawaran dan permintaan untuk menerangkan bagaimana kurs fleksibel ditetapkan dalam pasar valuta asing, serta untuk menunjukkan kepada siswa tentang penetapan kurs fleksibel dan dibutuhkannya mata uang asing untuk membeli barang-barang dari negara lain. TMA menyajikan miniatur kegiatan eknomi yang ada ke dalam kelas sebagai upaya untuk memecahkan permasalahan pembelajaran ekonomi di mana materi ekonomi terkait valas, kurs dan peran bank sentral menjaga stabilitas nilai mata uang yang masih abstrak menjadi lebih konkrit dan jelas untuk dipahami siswa.     Pengembangan dilakukan dengan modifikasi rancangan model Borg dan Gall. Spesifikasi produk dalam penelitian dan pengembangan ini adalah perangkat pembelajaran, pedoman penilaian dan pedoman untuk pengembangan pembelajaran yang akan diuji efektivitasnya melalui penelitian tindakan kelas di kelas X IPS 3 SMA Negeri 1 Blitar yang terdiri dari 30 siswa yang dilaksanakan dua siklus.     Berdasarkan uji coba yang telah dilakukan, diketahui bahwa TMA dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa dari 36,67% yang tuntas belajar di siklus I menjadi 80% siswa yang tuntas belajar di siklus II. Minat belajar siswa dengan model TMA melalui model TMA diketahui bahwa daya tarik TMA sangat baik, yaitu 92% dan kemampuan memahami materi melalui implementasi model pembelajaran TMA sangat baik sebesar 93%. Dan melalui model pembelajaran simulasi dan permainan TMA dapat mengasah kemampuan berpikir logis, kritis dan sistematis serta mengasah keterampilan membuat keputusan berdasarkan konsep ekonomi. Model pembelajaran ekonomi TMA mempunyai keunggulan diantaranya dapat menyajikan miniatur kegiatan ekonomi ke dalam kelas, serta fokus pada satu materi yaitu valas dan kurs, namun dapat diintegrasikan dengan materi yang terkait seperti peran dan fungsi bank sentral dan OJK, peran dan fungsi kebijakan moneter dan fiskal, konsep dan kebijakan perdagangan internasional dari sisi ekonomi. Untuk diseminasi, dapat dilakukan modifikasi disesuaikan dengan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61230

Actions (login required)

View Item View Item