Kesiapan guru dalam menerapkan kurikulum 2013 pada mata pelajaran ekonomi di SMA / Winda Hurotul 'Aini

A'ini, Winda Hurotul (2014) Kesiapan guru dalam menerapkan kurikulum 2013 pada mata pelajaran ekonomi di SMA / Winda Hurotul 'Aini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hurotul ÔÇÿAini, Winda. 2014. Kesiapan Guru dalam Menerapkan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri. Tesis, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Bambang Pranowo, SE, M.Pd.Ak. (II) Dr. Mit Witjaksono, MS.Ed Kata kunci : kesiapan, kurikulum 2013.     Dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran hal penting yang perlu diisiapkan adalah a). Merencanakan rencana belajar atau RPP berupa pelaksanaan kegiatan atau proses belajar mengajar dan strategis atau metode mengajar, b). Kesiapan kepribadian yang meliputi kesiapan fisik, kesiapan mental, kompetensi/kemapuan dasar, c). Penguasaan guru seperti menguasai bahan belajar, kemampuan mendiagnosa tingkah laku siswa, kemampuan melaksanakan proses pengajaran dan kemampuan mengukur hasil belajar siswa. d). Menggunakan atau pendekatan mengajar (seperti penggunaan alat peraga dan modul praktik)atau cara tertentu yang dinilai lebih efektif dan efesien     Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui Kesiapan guru dalam melaksanakan kurikulum 2013 (2) untuk melihat penerapan guru dalam melaksanakan kurikulum 2013.     Penelitian yang akan dilakukan merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan agar memperoleh pemahaman penafsiran mendalam tentang fenomena yan ada dilapangan dan jenis penelitian ini adalah fenomenologi. Dalam penelitian ini ada beberapa teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, yang menjadi informan penelitian adalah lima guru ekonomi di SMA Negeri Malang.     Dari hasil penelitian diketahui bahwa beberapa guru masih belum siap dalam melaksanakan kurikulum 2013. Guru dikatakan siap tidak siap dalam melaksanakan kurikulum terdapat beberapa kendala yaitu guru masih belum meahami isi/makna dari kurikulum 2013, sistem penilaian yang banyak sehingga guru merasa kesulitan untuk melasanakan kurikulum tersebut, dari wacana yang ada bahwa kurikulum 2013 meringankan tugas pendidik sebagai guru tapi kenyataan yang ada dilapangan bahwa guru masih harus membuat perangkat pembelajaran dan selalu direvisi, sumber belajar sebagai acuan pembelajaran masih belum ada, dan bentuk penilaia yang semakin banyak.     

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61228

Actions (login required)

View Item View Item