Pengembangan media pembelajaran akuntansi berbasis multimedia / M.F. Hadi Kusuma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran akuntansi berbasis multimedia / M.F. Hadi Kusuma

Kusuma, M.F. Hadi (2014) Pengembangan media pembelajaran akuntansi berbasis multimedia / M.F. Hadi Kusuma. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kusuma M.F. Hadi. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Multimedia. Tesis Jurusan Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Hari Wahyono M.Pd. (2) Dr. Bambang Pranowo M.Pd. Kata kunci Pengembangan Media CD Interaktif Laporan Keuangan Perusahaan Jasa (CDI LKPJ) Multimedia. 12288 12288 12288 12288 Pada era revolusi ilmu pengetahuan dan teknologi perubahan masyarakat pemahaman cara belajar anak kemajuan media informasi dan komunikasi memberi arti tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan. Tantangan tersebut menjadi salah satu dasar pentingnya pendekatan teknologi dalam pengelolaan kurikulum pendidikan dan pembelajaran. Mengingat pentingnya pemenuhan kebutuhan belajar siswa yang minat belajarnya semakin menurun penyusunan media pembelajaran berbasis pendekatan teknologi perlu diadakan. Materi siklus akuntansi perusahaan jasa merupakan salah satu materi dasar paling sederhana dalam pembelajaran akuntansi di SMA tetapi setelah dilakukan observasi banyak siswa yang kesulitan dalam menyusun laporan keuangan. Hal itu dikarenakan media pembelajaran yang digunakan di dalam kelas masih sebatas konsep teoritis belum menekankan pada latihan menyusun laporan keuangan akuntansi perusahaan jasa. Berangkat dari permasalahan tersebut disusun CD Interaktif Laporan Keuangan Perusahaan Jasa (CDI LKPJ) yang valid praktis dan efektif bagi siswa kelas XI IPS SMA N 2 Blitar. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan prototype media pembelajaran multimedia berupa CD Interaktif Laporan Keuangan Perusahaan Jasa (CDI LKPJ) yang valid praktis dan efektif bagi siswa kelas XI IPS SMA N 2 Blitar. Model pengembangan yang digunakan dalam mengembangkan perangkat pembelajaran ini adalah Model Thiagarajan Semmel dan Semmel yang lebih dikenal dengan model 4-D (Four-D) yang terdiri dari (1) tahap Define (pendefinisian) (2) Tahap Design (Perancangan) (3) Tahap Develop (Pengembangan) dan (4) tahap Disseminate (penyebaran). Hasil validasi dua ahli materi terhadap CDI LKPJ sebesar 87 5% (sangat valid) hasil validasi terhadap media CDI LKPJ sebesar 63 88% (cukup valid) yang mengharuskan pengembang melakukan revisi sesuai saran dari validator media hasil validasi terhadap desain buku pedoman penggunaaan CDI LKPJ sebesar 81 25% (sangat valid) dan desain modul akuntansi perusahaan jasa sebesar 85% (sangat valid). Selanjutnya hasil uji perorangan terhadap media sebesar 91 67% artinya media mudah dipahami dan dapat terbaca dengan baik. Kemudian uji kelompok kecil mengenai respon siswa menunjukkan 92 56% dan uji keterlaksankan dilapangan menunujukkan 91 4% termasuk dalam kriteria sangat praktis untuk dilaksanakan. Hasil penilaian pre-test dan pos-test menunjukkan perubahan yang signifikan dimana rata-rata nilai pre-test 59 14 dan nilai pos-test 83 71 atau mengalami kenaikan. Nilai rata-rata post-test berada diatas KKM yang ditetapkan artinya penggunaan media CDI LKPJ dikatakan efektif dapat menarik minat belajar siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kelebihan dari produk hasil penelitian dan pengembangan ini adalah disusun secara sistematis sesuai dengan karakteristik siswa dilengkapi dengan buku pedoman penggunaan yang berisi petunjuk praktis sehingga memudahkan siswa dalam melaksanakan kegiatan praktikumnya secara sistematis dan ditunjang dengan adanya modul yang materinya disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Adapun kelemahan dari media ini adalah tergantung pada adanya teknologi yang harus memadai dan tidak semua jenis transaksi dalam perusahaan jasa dimasukkan semua kedalam media ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61226

Actions (login required)

View Item View Item