Pengaruh latar belakang sosial ekonomi orang tua, pendidikan ekonomi di keluarga terhadap perilaku konsumsi yang dimediasi oleh economic literacy (studi pada mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Negeri Malang) / Winda Aprillia

Aprillia, Winda (2014) Pengaruh latar belakang sosial ekonomi orang tua, pendidikan ekonomi di keluarga terhadap perilaku konsumsi yang dimediasi oleh economic literacy (studi pada mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Negeri Malang) / Winda Aprillia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Aprillia, Winda. 2014. Pengaruh Latar Belakang Sosial Ekonomi Orang Tua, Pendidikan Ekonomi di Keluarga Terhadap Perilaku Konsumsi yang Dimediasi oleh Economic Literacy (Studi pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang). Tesis, Program Pascasarjana, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sri Umi Mintarti W, S.E., M.P.Ak (II) Dr. Sugeng Hadi Utomo, M.Ec Kata kunci: sosial ekonomi orang tua, pendidikan ekonomi keluarga, economic literacy, perilaku konsumsi     Mahasiswa termasuk segmen pasar yang berpotensi, hal tersebut mendorong mahasiswa untuk bertindak semakin konsumtif. Faktor latar belakang sosial ekonomi orang tua mempengaruhi perilaku konsumsi seseorang. Hal tersebut terjadi karena keadaan sosial ekonomi orang tua ikut mendukung kondisi material yang dimiliki anak. Pendidikan ekonomi di keluarga juga harus diperhatikan karena keluarga merupakan lingkungan pendidikan yang pertama dan utama bagi anak mengetahui bagaimana seharusnya bertindak sebagai konsumen dan anak cenderung mengikuti apa yang ditanamkan oleh orang tuanya termasuk dalam berkonsumsi. Selain itu economic literacy sangat penting dimiliki oleh mahasiswa agar mereka mampu bertindak rasional dalam berkonsumsi.     Rumusan masalah penelitian ini adalah: a) apakah latar belakang sosial ekonomi orang tua berpengaruh langsung terhadap perilaku konsumsi mahasiswa?, b) apakah pendidikan ekonomi di keluarga berpengaruh langsung terhadap perilaku konsumsi mahasiswa?, c) apakah latar belakang sosial ekonomi orang tua berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap economic literacy mahasiswa?, d) apakah pendidikan ekonomi di keluarga berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap economic literacy mahasiswa?, e) apakah economic literacy berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi mahasiswa?, f) apakah latar belakang sosial ekonomi orang tua berpengaruh secara tidak langsung terhadap perilaku konsumsi yang dimediasi oleh economic literacy mahasiswa?, g) apakah pendidikan ekonomi di keluarga berpengaruh secara tidak langsung terhadap perilaku konsumsi yang dimediasi oleh economic literacy mahasiswa?.      Rancangan penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya explanatory. Populasi dalam penelitian ini 144 mahasiswa dan sampelnya 106 mahasiswa. Instrumen penelitian menggunakan angket dan tes. Penelitian ini menggunakan analisis jalur (path analysis).       Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh langsung latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumsi mahasiswa. Adanya pengaruh langsung pendidikan ekonomi di keluarga terhadap perilaku konsumsi mahasiswa. Adanya pengaruh secara positif dan signifikan latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap economic literacy mahasiswa. Adanya pengaruh secara positif dan signifikan pendidikan ekonomi di keluarga terhadap economic literacy mahasiswa. Adanya pengaruh secara positif dan signifikan economic literacy terhadap perilaku konsumsi mahasiswa. Adanya pengaruh secara tidak langsung latar belakang sosial ekonomi orang tua terhadap perilaku konsumsi melalui economic literacy mahasiswa. Adanya pengaruh secara tidak langsung pendidikan ekonomi di keluarga terhadap perilaku konsumsi melalui economic literacy mahasiswa.      Berdasarkan hasil penelitian, beberapa sarannya yaitu (1) Bagi mahasiswa dengan bekal economic literacy yang telah dimiliki diharapkan lebih ditingkatkan lagi dan dijadikan pedoman dalam berkonsumsi; (2) Pendidikan ekonomi di keluarga seharusnya lebih ditingkatkan lagi dan dijadikan acuan bagi orang tua mahasiswa pentingnya melaksanakan pendidikan ekonomi di keluarga yang berpengaruh terhadap perilaku konsumsi bagi anaknya; 3) Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan masukan dan pertimbangan bagi peneliti lain untuk melakukan penelitian yang berkaitan dengan masalah-masalah perilaku konsumsi pada subyek dan variabel-variabel penelitian yang berbeda yang belum dikembangkan; 4) Hasil penelitian diharapkan dijadikan bahan masukan dan pertimbangan bagi Universitas Negeri Malang untuk memberikan bekal kepada mahasiswa untuk meningkatkan economic literacy yang telah dimiliki mahasiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61224

Actions (login required)

View Item View Item