Pemahaman guru tentang mata pelajaran prakarya dan kewirausahan dalam kurikulum 2103 / Ida Mawaddah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemahaman guru tentang mata pelajaran prakarya dan kewirausahan dalam kurikulum 2103 / Ida Mawaddah

Mawaddah, Ida (2014) Pemahaman guru tentang mata pelajaran prakarya dan kewirausahan dalam kurikulum 2103 / Ida Mawaddah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mawaddah Ida. 2013. Pemahaman Guru tentang Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan dalam Kurikulum SMK 2013 di SMK Negeri 1 Malang 2013 Tesis.Prodi S2 Pendidikan Ekonomi Jenjang Magister Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Bambang Pranowo. S.E. M.Pd. Ak (II) Dr. Mit Witjaksono MS.Ed. Kata kunci Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Arah kebijakan pemerintah memberikan pembelajaran prakarya dan kewirausahaan bertujuan agar peserta didik mampu berekspresi kreatif melalui keterampilan teknik berkarya ergonimis teknologi dan ekonomis. Melatih keterampilan mencipta karya berbasis estetis artistic ekosistem dan tekonologis serta melatih keterampilan menciptakan media dan bahan berkarya seni dan teknologi melalui prinsip ergonomis hygienis tepat-cekat-cepat ekosistemik dan metakognitif. Menghasilkan karya jadi maupun apresiatif yang siap dimanfaatkan dalam kehidupan maupun bersifat wawasan dan landasan pengembangan apropriatif terhadap teknologi terbarukan dan teknologi kearifan lokal dan menumbuh kembangkan jiwa wirausaha melalui melatih dan mengelola penciptaan karya (produksi). Mengemas dan usaha menjual berdasarkan prinsip ekonomis ekosistemik dan ergonomis. Oleh karena itu peneliti meneliti pemahaman guru tentang mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan dalam kurikulum SMK 2013 dengan melihat pemahaman guru RPP dan pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan interpretatif dengan tujuan agar dapat memperoleh pemehaman dan interpretasi mendalam tentang makna dari fenomena yang ada di lapangan. Dalam penelitian ini ada beberapa tahapan proses pengumpulan data yaitu (a) observasi awal (b) penyebaran kuesioner (c) wawancara (d) dokumentasi dan (e) pengamatan. Pemahaman guru terhadap mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan terkait kompetensi inti dan kompetensi dasar bila dilihat dari hasil penelitian sangat bervariasi akan tetapi memiliki makna yang sama sejauh ini pemahaman guru pada pembelajaran prakarya dan kewirausahaan hanya mencangkup kerajinan saja sejatinya secara teori mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan terdiri dari 4 aspek yaitu kerajinan rekayasa budidaya serta pengolahan. Dalam pembuatan RPP disusun secara bersama oleh guru mata pelajaran pelaksanaan di kelas dilaksanakan sesuai RPP meskipun ada tujuan yang belum tercapai. Tujuan pembelajaran secara utuh belum dapat dilaksanakan karena terkendala oleh pemahaman waktu dan sarana pembelajaran. Oleh karena itu pembelajaran prakarya dan kewirausahaan tidak hanya dilakukan dalam kelas tapi juga dilaksanakan dalam bentuk praktik pada unit produksi penjualan produk di masyarakat dan usaha mandiri dengan demikian pembelajaran kewirausahaan dapat mencapai tujuan sesuai ketetapan kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61222

Actions (login required)

View Item View Item