Adi, Khofifatu Rohmah (2014) Pengaruh pembelajaran ekonomi dan lingkungan keluarga terhadap perilaku konsumsi berkarakter melalui konsep diri mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang / Khofifatu Rohmah Adi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Adi Khofifatu Rohmah. 2014. Pengaruh Pembelajaran Ekonomi dan Lingkungan Keluarga Terhadap Perilaku Konsumsi Berkarakter Melalui Konsep Diri Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang. Tesis. Jurusan Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Agung Haryono S.E M.P Ak (II) Prof. Dr. Wahjoedi M.E Kata Kunci Pembelajaran Ekonomi Lingkungan Keluarga Konsep Diri Perilaku Konsumsi Berkarakter. 12288 12288 12288 12288 Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah. Kekayaan tersebut akan tidak berarti jika sumber daya manusia Indonesia tidak mampu mengelola dan memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. Karena itu modal dasar yang sangat dominan yakni sumber daya manusia Indonesia harus dipersiapkan sedini mungkin baik dari segi intelektual maupun karakter. Sebab tanpa karakter yang baik maka hanya akan mempercepat kehancuran dunia. Salah satu upaya mempersiapkan SDM adalah dengan pendidikan. Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional mengamanatkan bahwa pendidikan merupakan usaha sadar yang bertujuan untuk mewujudkan suasana belajar aktif sehingga peserta didik aktif mengembangkan potensi dirinya agar memiliki kekuatan spiritual keagamaan pengendalian diri kecerdasan dan akhlak mulia. Selain itu lingkungan keluarga juga turut mempengaruhi perilaku berkarakter anak. Pendidikan dan lingkungan keluarga membentuk bagaimana Konsep diri seseorang dari konsep diri ini akan berpengaruh terhadap perilaku mereka secara umum dan perilaku konsumsi khususnya. Perilaku konsumsi berkarakter merupakan wujud dari penghargaan dan kecintaan terhadap tanah air maka dari itu perilaku konsumsi berkarakter harus dimiliki oleh setiap warga negara. 12288 12288 12288 12288 Tujuan penelitian ini adalah untuk a) menganalisis pengaruh langsung pembelajaran ekonomi terhadap perilaku konsumsi berkarakter b) menganalisis pengaruh langsung lingkungan keluarga terhadap perilaku konsumsi berkarakter c) menganalisis pengaruh langsung konsep diri terhadap perilaku konsumsi yang berkarakter d) menganalisis pengaruh tidak langsung pembelajaran ekonomi terhadap perilaku konsumsi yang berkarakter melalui konsep diri e) menganalisis pengaruh tidak langsung lingkungan keluarga terhadap perilaku konsumsi yang berkarakter melalui konsep diri. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini termasuk dalam jenis korelasional yang bersifat ex post facto. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah proportional random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester enam pendidikan ekonomi universitas negeri malang yang berjumlah 144 mahasiswa dengan sampel sebesar 106 responden sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis jalur 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran ekonomi secara langsung berpengaruh terhadap perilaku konsumsi berkarakter. Hal ini terbukti dari hasil analisis dari variabel pembelajaran ekonomi terhadap perilaku konsumsi berkarakter dengan nilai sig t 0 025. Lingkungan keluarga secara langsung tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumsi berkarakter. Hal ini terbukti dari hasil analisis dengan nilai sig t 0 621. Konsep diri secara langsung berpengaruh terhadap perilaku konsumsi berkarakter. Hal ini terbukti dari nilai sig t 0 042. Kemudian diketahui bahwa pembelajaran ekonomi berpengaruh secara tidak langsung terhadap perilaku konsumsi berkarakter melalui konsep diri. Hal ini terbukti dengan nilai sig t pembelajaran ekonomi terhadap konsep diri sebesar 0 000 dan konsep diri terhadap perilaku konsumsi berkarakter dengan nilai sig t sebesar 0 042. Lingkungan keluarga berpengaruh secara tidak langsung terhadap perilaku konsumsi berkarakter melalui konsep diri. Hal ini terbukti dengan nilai sig t lingkungan keluarga terhadap konsep diri sebesar 0 041 dan konsep diri terhadap perilaku konsumsi berkarakter dengan nilai sig t sebesar 0 042. Berdasarkan hasil penelitian beberapa saran yang dapat membuat mahasiswa dapat berperilaku berkarakter dalam berkonsumsi adalah (1) Bagi pendidik ekonomi agar mempertahankan dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Sebab dengan pembelajaran yang berkualitas dapat memperbaiki perilaku siswa/mahasiswa umumnya dan perilaku konsumsi khususnya (2) Bagi orang tua disarankan perlu melakukan diskusi penjelasan serta pengembangan wawasan anak-anak mereka (3) Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk lebih mengembangkan variabel yang ada hubungannya dan pengaruhnya terhadap perilaku konsumsi yang berkarakter karena masih banyak variabel-variabel yang mempengaruhi perilaku konsumsi yang berkarakter yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 26 Jun 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61220 |
Actions (login required)
View Item |