Pengaruh pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan zona Alfa terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat kejuruan akuntansi / Nismawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan zona Alfa terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat kejuruan akuntansi / Nismawati

Nismawati (2014) Pengaruh pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan zona Alfa terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat kejuruan akuntansi / Nismawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nismawati 2014. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Pendekatan Zona Alfa Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat kejuruan Akuntasi. Tesis. Program Studi Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Univesitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Sunaryanto M.Ed.(II) Prof.Dr. Bambang Sugeng. Kata Kunci Pembelajaran Berbasis Proyek Zona Alfa Hasil Belajar Pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan zona alfa merupakan pembelajaran dalam bentuk proyek-proyek belajar siswa yang diberikan stimulus melalui ice breaking fun story music dan brain gym. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan zona alfa terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat kejuruan akuntansi. Rancangan penelitian ini menggunakan Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design kelas ekperimen menggunakan pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan zona alfa dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran berbasis proyek tanpa zona alfa. Populasi sasaran dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Jurusan akuntansi yang menerima materi harga pokok pesanan Populasi subyek yang dapat dicapai adalah siswa SMK Jurusan akuntansi Se Kabupaten Buol yang berjumlah 103 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Convinience Sampling atau menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan taraf signifikan 0 000 0 05 dan kisaran perbedaan antara 6 402 sampai 17 127. Perbedaan hasil belajar tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan zona alfa lebih efektif dari pada pembelajaran berbasis proyek tanpa zona alfa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaktifan gelombang alfa pada saat pembelajaran yang distimulus dengan Fun Story Ice Breaking Music dan Brain Gym memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa sehingga setiap pengajar perlu untuk melakukan stimulus gelombang otak zona alfa atau menyamakan frekwensi gelombang otak alfa agar dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan rileks pada saat pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jun 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61217

Actions (login required)

View Item View Item