Evaluasi kinerja guru ekonomi (studi komparasi di Sekolah Kemendikbud dan Sekolah Kemenag) / Roni Wiranata - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi kinerja guru ekonomi (studi komparasi di Sekolah Kemendikbud dan Sekolah Kemenag) / Roni Wiranata

Wiranata, Roni (2014) Evaluasi kinerja guru ekonomi (studi komparasi di Sekolah Kemendikbud dan Sekolah Kemenag) / Roni Wiranata. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wiranata Roni. 2014. Evaluasi Kinerja Guru Ekonomi (Studi Komparasi di Sekolah kemendikbud dan Sekolah Kemenag). Tesis Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Bambang Pranowo SE M.Pd.Ak. (II) Dr. Hari Wahyono M.Pd Kata kunci Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Proses Pembelajaran Evaluasi Hasil Belajar. 12288 12288 12288 12288 Dalam mengevaluasi kinerja guru ekonomi tidak cukup dari keberhasilan pada penilaian hasil belajar siswa namun perlu menjangkau terhadap rencana pelaksanaan pembelajaran dan proses pembelajaran di dalam kelas. Kinerja guru diharapkan dapat mendongkrak kualitas pendidikan perilaku guru yang terkait dengan aktivitas mengajar diharapkan mendatangkan prestasi belajar yang maksimal dari para siswa. 12288 12288 12288 12288 Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan kinerja guru ekonomi di sekolah bernaungan kemendikbud dan sekolah bernaungan kemenag dari rencana pelaksanaan pembelajaran (2) Untuk mengetahui perbedaan kinerja guru ekonomi di sekolah bernaungan kemendikbud dan sekolah bernaungan kemenag dari proses pembelajaran (3) Untuk mengetahui perbedaan kinerja guru ekonomi di sekolah bernaungan kemendikbud dan sekolah bernaungan kemenag dari hasil belajar siswa. 12288 12288 12288 12288 Penelitian yang akan dilakukan ini penelitian deskriptif dengan desain campuran/ Mixed Methods. Strategi penelitian yang digunakan adalah strategi parallel. Sampel pada penelitian adalah 4 guru ekonomi dari 4 SMAN 4 guru ekonomi di 4 MAN lokasi penelitian Kota dan Kabupaten Probolinggo. Untuk teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi informan penelitian adalah empat guru ekonomi di SMAN dan empat guru ekonomi di MAN. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan diikuti dengan analisis kunatitatif. 12288 12288 12288 12288 Dari hasil penelitian diketahui bahwa ada perbedaan antara kinerja guru ekonomi di SMAN Kota dan Kabupaten Probolinggo dengan kinerja guru ekonomi di MAN Kota dan Kabupaten Probolinggo. Dari hasil analisis dengan pendekatan Mixed Method dapat diketehui sebagai berikut 1) Tidak ada perbedaan dalam penyusunan RPP guru ekonomi SMAN dengan guru ekonomi MAN dan dari hasil perhitungan SPSS versi 19.0 for windows yang di uji dengan Statistik Non Parametrik Mann Whitney nilai signifikansi (Asym Sig.) 1.000 0 05. 2) Ada perbedaan kinerja guru ekonomi SMAN dengan kinerja guru ekonomi MAN di Kota dan Kabupaten Probolinggo dilihat dari kegiatan belajar mengajar dikelas dari hasil perhitungan SPSS nilai signifikansi (Asym Sig.) 0.020 0 05 dan 3) Ada Perbedaan hasil belajar siswa SMAN dengan siswa MAN yang dilihat dari hasil tes belajar siswa hasil perhitungan SPSS nilai signifikansi (Asym Sig.) 0.028 0 05. Hal ini menunjukkan bahwa kinerja guru dapat dikatakan bahwa kualitas rencana pelaksanaan pembelajaran proses pembelajaran akan berdampak pada hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 May 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61216

Actions (login required)

View Item View Item