Pengaruh intensitas pendidikan ekonomi lingkungan dan pemahaman ekonomi ekologi terhadap kecenderungan perilaku konsumsi berwawasan lingkungan / Cristian Polamolo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh intensitas pendidikan ekonomi lingkungan dan pemahaman ekonomi ekologi terhadap kecenderungan perilaku konsumsi berwawasan lingkungan / Cristian Polamolo

Polamolo, Cristian (2014) Pengaruh intensitas pendidikan ekonomi lingkungan dan pemahaman ekonomi ekologi terhadap kecenderungan perilaku konsumsi berwawasan lingkungan / Cristian Polamolo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Polamolo Cristian. 2014. Pengaruh Intensitas Pendidikan Ekonomi Lingkungan dan Pemahaman Ekonomi Ekologi Terhadap Kecenderungan Perilaku Konsumsi Berwawasan Lingkungan (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo). Tesis Program Studi Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sunaryanto M.Ed. (II) Prof. Dr. Wahjoedi M.Pd. M.E. Kata Kunci Pendidikan Ekonomi Lingkungan Pemahaman Ekonomi Ekologi Perilaku Konsumsi Berwawasan Lingkungan. Pada dasarnya tindakan ekonomi manusia baik produksi konsumsi dan distribusi tidak terlepas dari aktivitas dalam pemenuhan kebutuhan sebagai bagian dari sistem ekonomi yang didalamnya terdapat dimensi lingkungan dan sosial. Seiring dengan tuntutan pemenuhan kebutuhan ternyata membawa konsekuensi akan ancaman terhadap keberlanjutan sumber daya alam dan lingkungan hidup karena pola perilaku konsumsi individu cenderung mengabaikan keseimbangan alam dan lingkungan. Untuk mengatasi masalah tersebut dapat diupayakan melalui perbaikan dan pendidikan ekonomi berwawasan lingkungan baik melalui lingkungan kampus keluarga dan masyarakat serta peningkatan pemahaman ekonomi ekologi tentang pentingnya keberadaan manusia sebagai bagian dari ekosistem. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) Perbedaan perilaku konsumsi berwawasan lingkungan mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo yang memperoleh intensitas pendidikan ekonomi lingkungan tinggi dan rendah (2) Perbedaan perilaku konsumsi berwawasan lingkungan mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo yang memiliki tingkat pemahaman ekonomi ekologi tinggi dan rendah (3) Interaksi antara intensitas pendidikan ekonomi lingkungan dengan pemahaman ekonomi ekologi terhadap perilaku konsumsi berwawasan lingkungan mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan desain faktorial. Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Penarikan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Proses pengumpulan data menggunakan angket. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan factorial anova two ways with interaction. Kesimpulan penelitian menunjukan bahwa (1) Perilaku konsumsi berwawasan lingkungan mahasiswa dengan intensitas pendidikan ekonomi lingkungan tinggi berbeda dengan perilaku konsumsi berwawasan lingkungan mahasiswa dengan intensitas pendidikan ekonomi rendah. (2) Perilaku konsumsi berwawasan lingkungan mahasiswa dengan tingkat pemahaman ekonomi ekologi tinggi berbeda dengan perilaku konsumsi berwawasan lingkungan mahasiswa dengan tingkat pemahaman ekonomi ekologi rendah (3) Perilaku konsumsi berwawasan lingkungan mahasiswa dengan tingkat pemahaman ekonomi ekologi tinggi berbeda dengan perilaku konsumsi berwawasan lingkungan mahasiswa dengan tingkat pemahaman ekonomi ekologi rendah setelah dikontrol intensitas pendidikan ekonomi lingkungan yang tinggi (4) Perilaku konsumsi berwawasan lingkungan mahasiswa dengan tingkat pemahaman ekonomi ekologi tinggi tidak berbeda dengan perilaku konsumsi berwawasan lingkungan dari tingkat pemahaman ekonomi ekologi rendah setelah dikontrol intensitas pendidikan ekonomi lingkungan yang rendah (5) Ada interaksi antara intensitas pendidikan ekonomi lingkungan dengan pemahaman ekonomi ekologi terhadap perilaku konsumsi berwawasan lingkungan. 12288 12288 12288 Merujuk dari hasil penelitian dapat disarankan bahwa pentingnya peningkatan intensitas pendidikan ekonomi lingkungan bagi individu mahasiswa baik yang didapatkan melalui jalur formal (keluarga/orang tua) informal (sekolah/kampus) dan nonformal (masyarakat). Serta pentingnya upaya peningkatan pemahaman ekonomi ekologi demi terbentuknya sikap dan perilaku konsumsi berwawasan lingkungan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 14 Mar 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61215

Actions (login required)

View Item View Item