Analiis kesulitan guru dalam implementasi standar isi mata pelajaran ekonomi dan upaya mengatasinya / Lik Anah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analiis kesulitan guru dalam implementasi standar isi mata pelajaran ekonomi dan upaya mengatasinya / Lik Anah

Anah, Lik (2013) Analiis kesulitan guru dalam implementasi standar isi mata pelajaran ekonomi dan upaya mengatasinya / Lik Anah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Lik Anah. 2013. Analisis Kesulitan Guru dalam Implementasi Standar Isi Mata pelajaran Ekonomi dan Upaya Mengatasinya. Tesis. Program pascasarjana Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hari Wahyono M.Pd Pembimbing (II) Dr. Mit Witjaksono Ms. Ed Kata Kunci Kesulitan Implementasi Standar Isi Upaya mengatasi Peraturan pemerintah mengamanatkan KTSP pada jenjang pendidikan dasar dan menengah yang disusun oleh satuan pendidikan dengan mengacu kepada Standar Isi dan SKL serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Pengembangan kurikulum perlu ditelaah untuk mendapatkan informasi tentang permasalahan yang dihadapi berkaitan dengan pelaksanaan standar isi. Guru sebagai pelaksana kurikulum memiliki tugas untuk memahami isi dari kurikulum melaksanakan kurikulum dan melakukan evaluasi. Permasalahan yang muncul merupakan hambatan bagi guru untuk mengimplementasikan kurikulum. Fokus penelitian ini yaitu untuk mengetahui permasalahan guru ekonomi dalam implementasi Standar Isi mata pelajaran ekonomi dan upaya mengatasinya (1) kaitannya dengan tujuan Standar Isi mata pelajaran ekonomi (2) kaitannya dengan penjabaran SK dan KD (3) kaitannya dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas (4) kaitannya dengan penilaian pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Informan guru ekonomi SMA di Kota Malang diperoleh dengan pertimbangan pada guru ekonomi yang masih aktif mengajar pada tahun ajaran 2013/ 2014 dan bersedia menjadi partisipan dalam penelitian ini. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui observasi studi dokumen dan wawancara mendalam. Berdasarkan hasil analisis data maka diperoleh simpulan kesulitan guru dalam implementasi standar isi dan upaya guru mengatasinya. Pertama pemahaman umum guru tentang standar isi meliputi pengertian standar isi tujuan standar isi mata pelajaran ekonomi dan fungsinya sebesar 20%-40% mengindikasikan guru belum sepenuhnya memahami standar isi. Kedua kesulitan implementasi standar isi dalam penjabaran SK dan KD pembelajaran silabus dan RPP yaitu menyusun indikator dan tujuan pembelajaran menentukan kata kerja operasional dalam indikator dan tujuan pembelajaran. Penyusunan indikator dan tujuan pembelajaran yang hanya memuat tingkatan ranah berfikir kognitif pada tingkatan pengetahuan dan pemahaman. Upaya mengatasi kesulitan dengan menyesuaikan pengalaman mengajar guru selama bertahun tahun mendiskusikan dengan rekan guru dan menyesuaikan dengan kebutuhan penguasaan materi. Ketiga kesulitan dalam pelaksanaan pembelajaran berupa kesulitan menyesuaikan alokasi waktu dan metode pembelajaran yang digunakan dengan karakter siswa yang berbeda. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan berdasarkan kebutuhan materi dan mengacu pada tujuan pembelajaran serta belum mengacu pada implementasi tujuan standar isi. Pelaksanaan pembelajaran tidak dapat dilaksanakan sama persis dengan perencanaan pembelajaran. Upaya mengatasi kesulitan tersebut dengan menyesuaikan pengalaman mengajar lebih telaten kreatif dan inovatif dan mengusahakan agar siswa dapat memahami materi agar dapat berhasil dalam kegiatan evaluasi yang diberikan. Keempat dalam penilaian guru kesulitan menyusun penilaian psikomotor. Upaya mengatasi kesulitan dengan menggabungkan penilaian psikomotor kedalam penilaian kognitif meskipun dalam rubrik penilaian tidak menunjukkan adanya penilaian psikomotor. Kelima faktor intern penyebab kesulitan yaitu kebiasaan belajar guru faktor motivasi dan faktor ekstern yaitu guru belum pernah melakukan analisis tujuan standar isi karena dalam musyawarah juga belum pernah disampaikan dan belum adanya panduan serta patokan analisis standar isi mata pelajaran ekonomi Saran yang dapat diambil adalah perlu adanya petunjuk operasional analisis standar isi yang dapat dijadikan panduan pedoman dan patokan guru dalam analisis dan mengimplementasikan standar isi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61212

Actions (login required)

View Item View Item