Implementasi pembelajaran akuntansi dengan metode Project Based Learning pada Program Studi International Business Accounting (IBA) Universitas Ciputra / Siti Hadija Junaidi - Repositori Universitas Negeri Malang

Implementasi pembelajaran akuntansi dengan metode Project Based Learning pada Program Studi International Business Accounting (IBA) Universitas Ciputra / Siti Hadija Junaidi

Junaidi, Siti Hadija (2013) Implementasi pembelajaran akuntansi dengan metode Project Based Learning pada Program Studi International Business Accounting (IBA) Universitas Ciputra / Siti Hadija Junaidi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Junaidi Siti Hadija. 2013. Implementasi Pembelajaran Akuntansi dengan Metode Project Based Learning pada Program Studi International Business Accounting (IBA) Universitas Ciputra. Tesis. Program Studi Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Tuhardjo S.E. M.Si. Ak. (II) Dr. Sunaryanto M.Ed. Ak. Kata Kunci pembelajaran akuntansi project based learning entrepreneur accounting accounting active learning. Project Based Learning (PjBL) merupakan metode pembelajaran berdasarkan pada masalah-masalah yang ada di dunia nyata. Penelitian ini dilaksanakan untuk meneliti implementasi pembelajaran Akuntansi dengan menggunakan metode PjBL pada prodi IBA Universitas Ciputra. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui pemaknaan dosen mengenai pembelajaran Akuntansi dengan metode PjBL 2) mendeskripsikan implementasi perencanaan pembelajaran Akuntansi dengan metode PjBL 3) mendeskripsikan implementasi pelaksanaan pembelajaran Akuntansi dengan metode PjBL dan 4) mendeskripsikan implementasi evaluasi pembelajaran Akuntansi dengan metode PjBL. Penelitian ini menggunakan rancangan kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subyek penelitian terdiri dari mata kuliah Intro to Accounting Entrepreneur Accounting for Begginer dan Creative Innovative karena tiga mata kuliah ini saling berkaitan. Data penelitian terdiri dari rekaman wawancara dokumen pembelajaran artefak project dan catatan lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai informan dosen dan mahasiswa masing-masing berjumlah tiga orang observasi dan telaah dokumen. Untuk mengecek keabsahan data maka dilakukan triangulasi sumber data metode dan teori serta melakukan member checking. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama menggunakan metode PjBL dalam pembelajaran Akuntansi pada prodi IBA dapat membantu mewujudkan tujuan prodi yaitu mencetak entrepreneur yang memiliki keahlian akuntansi maupun sarjana akuntansi yang entrepreneurial. Sebab pembelajaran Akuntansi dengan metode PjBL melibatkan mahasiswa pada situasi atau masalah nyata seputar bisnis dan akuntansi melalui project memudahkan mahasiswa memahami teori-teori yang telah dipelajari pada saat mengerjakan project dan dapat mengubah mindset mahasiswa baik mengenai ilmu akuntansi yang dianggap sulit dipelajari maupun pandangan terhadap dunia akuntansi yang dianggap hanya seputar profesi akuntan. Kedua implementasi perencanaan pembelajaran Akuntansi didesain untuk menciptakan entrepreneur yang memiliki keahlian akuntansi maupun sarjana akuntansi yang entrepreneurial. Untuk mewujudkan tujuan ini maka dirancang strategi Accounting Active Learning (AAL) yang terdiri dari metode PjBL game dan company visit agar mahasiswa memperoleh ilmu akuntansi yang utuh sesuai dengan tujuan prodi melalui pembelajaran yang menyenangkan. Tujuan perencanaan pembelajaran ini sejalan dengan tiga karakteristik pertimbangan penting dalam merencanakan pembelajaran PjBL (1) memutuskan sasaran dan tujuan yang terdiri dari meningkatkan ketrampilan intelektual memahami peran orang dewasa dan membantu mahasiswa untuk menjadi pelajar mandiri (2) merancang situasi bermasalah yang tepat serta (3) mengorganisasikan sumber daya dan merencanakan logistik. Ketiga implementasi pelaksanaan pembelajaran Akuntansi dengan metode PjBL pada prodi IBA sejalan dengan sintaks pembelajaran berbasis masalah yang meliputi 1) memberikan orientasi permasalahan kepada siswa 2) mengorganisasi siswa untuk meneliti 3) membantu investigasi mandiri dan kelompok 4) mengembangkan dan mempresentasikan artefak dan exhibit serta 5) menganalisis dan mengevaluasi proses mengatasi masalah. Keempat implementasi evaluasi pembelajaran Akuntansi dengan metode PjBL pada prodi IBA yaitu menggunakan asesmen kinerja asesmen autentik dan observasi sistematis. Teknik asesmen yang digunakan adalah scoring rubrics lembar observasi dan checklist. Berdasarkan kesimpulan penelitian maka peneliti menyarankan 1) pengajar Akuntansi dapat menggunakan metode PjBL dalam pembelajaran Akuntansi dan Bisnis berdasarkan konsep dan implementasi perencanaan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran disesuaikan dengan tujuan program studi karakteristik materi pelajaran dan karakteristik peserta didik 2) peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian lanjutan dengan desain eksperimen pembelajaran Akuntansi dengan menggunakan metode PjBL pada prodi yang memiliki karakteristik yang berbeda dengan prodi IBA misalnya prodi Pendidikan Akuntansi yang bertujuan untuk mencetak pengajar Akuntansi atau jurusan akuntansi pada sekolah menengah kejuruan. Selain itu dapat dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode PjBL untuk meningkatkan hasil belajar siswa maupun mahasiswa dalam pembelajaran Akuntansi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Dec 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61210

Actions (login required)

View Item View Item