Penerapan pendidikan karakter di SDN Percobaan 2 Malang / Lenita Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendidikan karakter di SDN Percobaan 2 Malang / Lenita Puspitasari

Puspitasari, Lenita (2016) Penerapan pendidikan karakter di SDN Percobaan 2 Malang / Lenita Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspitasari Lenita. 2016. Penerapan Pendidikan Karakter di SDN Percobaan 2 Malang. Skripsi Prodi Pendidikan Guru Sekolah dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H. Sa dun Akbar M. Pd (2) Drs. Toha Mashudi S. Pd M. Pd. Kata Kunci Pendidikan Karakter Kegiatan Belajar Mengajar Budaya Sekolah Kegiatan Ekstrakurikuler. SDN Percobaan 2 Malang merupakan sekolah dasar yang menerapkan pengembangan kurikulum yang bersumber dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam menanamkan pendidikan karakter. Sekolah telah mendapatkan beberapa penghargaan yang berkaitan dengan pendidikan karakter. Fokus penelitian ini yaitu (1) penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan belajar mengajar (2) penerapan pendidikan karakter melalui budaya sekolah (3) penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler di SDN Percobaan 2 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini berupa situasi ilmiah wajar (tanpa rekayasa) dimana data tersebut digunakan dalam bentuk foto catatan lapangan hasil wawancara dengan Kepala Sekolah guru kelas maupun pembina kegiatan ekstrakurikuler. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SDN Percobaan 2 Malang telah menerapkan pendidikan karakter melalui beberapa kegiatan diantaranya (1) penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan belajar mengajar dimulai dengan perencanaan guru membuat Silabus dan RPP yang mengintegrasikan nilai-nilai karakter. Dalam pelaksanaan pembelajaran melakukan penanaman nilai melalui kegiatan pendahuluan inti dan penutup. (2) penerapan pendidikan karakter melalui budaya sekolah dimulai dari membuat Visi Misi Tujuan serta Motto sekolah penataan fisik sosial dan psikologis serta kegiatan pembiasaan. (3) penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler meliputi pramuka drum band pencak silat karawitan dan seni tari. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penerapan pendidikan karakter di SDN Percobaan 2 Malang dilakukan melalui kegiatan belajar mengajar budaya sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler. Penerapan pendidikan karakter dapat mengembangakan sebagian besar dari nilai karakter Maka disarankan untuk sekolah yang memiliki karakteristik belum/ kurang dalam mengintegrasikan nilai karakter dapat melaksanakan pendidikan karakter melalui kegiatan belajar mengajar budaya sekolah dan kegiatan ekstrakurikuler. Bagi peneliti lanjut disarankan untuk meneliti penerapan pendidikan karakter melalui kegiatan keseharian di rumah yang belum diteliti.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6121

Actions (login required)

View Item View Item