Rizkiwati, Baiq Yuliana (2013) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar (studi pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi STKIP Hamzanwadi Selong Kabupaten Lombok Timur tahun ajaran 2012/2013. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Rizkiwati Yuliana Baiq. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar (studi pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi STKIP HAMZANWADI Selong Kabupaten Lombok Timur Tahun Ajaran 2012/2013). Tesis Jurusan Pendidikan Ekonomi Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Bambang Banu Siswoyo M.M. (II) Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto M.Ed M.Si. Kata kunci Think Pair Share Problem Based Learning Berfikir Kritis dan hasil belajar. Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 3 siklus tindakan setiap siklus terdiri atas empat kali pertemuan selama 2 jam pelajaran. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu mahasiswa kelas C Semester IV tahun ajaran 2012-2013 STKIP HAMZANWADI Selong yang berjumlah 38 mahasiswa terdiri 13 mahasiswa laki-laki dan 25 mahasiswa perempuan. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar mahasiswa serta data pendukung berupa tanggapan dosen dan mahasiswa terhadap pembelajaran. Kemampuan berfikir kritis mahasiswa diukur berdasarkan peningkatan rata-rata persentase kemampuan berfikir kritis mahasiswa dan taraf keberhasilan tindakan sedangkan hasil belajar mahasiswa diukur berdasarkan selisih skor antara pre-test dan post test serta ketuntasan belajar mahasiswa pada masing-masing siklus. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes lembar observasi kemampuan berfikir kritis mahasiswa dan tanggapan dosen dan mahasiswa. Penerapan TPS dan PBL dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis mahasiswa pada siklus 1 2 dan 3. Pada siklus 1 skor rata-rata kemampuan berfikir kritis mahasiswa dalam kategori rendah (58 28%) mengalami peningkatan pada siklus 2 menjadi 68 01 (sedang) dan pada siklus 3 mengalami peningkatan menjadi 81 85% dalam kategori ( Tinggi). Berdasarkan analisis data diketahui bahwa pada siklus I rata-rata skor pre test sebesar 00 00% dan rata-rata skor post test sebesar 54 05% (meningkat 54 05) sedangkan pada siklus II rata-rata skor pre test sebesar 5 40% dan rata-rata skor post test sebesar 72 97% (meningkat 67 57) sedangkan pada siklus III rata-rata skor pre test sebesar 10 81% dan rata-rata skor post test sebesar 86 48%. Selain itu berdasarkan analisis data juga dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar mahasiswa yang ditunjukkan dengan ketuntasan belajar mahasiswa. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa sudah tuntas belajarnya karena sudah mencapai standar minimal ketuntasan belajar kelas yang ditetapkan oleh Depdiknas yaitu 8805 85 % mahasiswa di dalam kelas mencapai daya serap 8805 75 (KKM 8805 75). Respon Mahasiswa terhadap penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPS dan PBL pada mata kuliah Ekonomi Pembangunan secara keseluruhan adalah positif. Hambatan yang dihadapi peneliti dalam penelitian penerapan pembelajaran kooperatif tipe TPS dan PBL adalah mahasiswa belum terbiasa belajar dengan pembelajaran ini sehingga alokasi waktu yang digunakan kurang efektif terutama pada pelaksanaan pembelajaran Siklus I yaitu pada pembentukan kelompok pengerjaan soal diskusi kelompok dan siswa kurang berani untuk mengemukakan pendapat dalam diskusi kelas. Sedangkan faktor pendukung dalam penerapan kooperatif tipe TPS dan PBL adalah Keterampilan mengajar dosen Karakteristik mahasiswa dan Pemanfaatan sumber belajar. Berdasarkan hasil penelitian maka diajukan saran-sara sebagai berikut. 1) Bagi dosen yang mengampu mata kuliah Ekonomi pembangunan dapat mencoba penerapan TPS dan PBL. Dengan memperhatikan modifikasi tertentu sesuai sifat karakteristik keilmuannya terutama dosen yang kesulitan dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar mahasiswa. 2) Dalam menerapkan model TPS dan PBL dilihat karakteristik materinya agar benar-benar sesuai dengan masalah dunia nyata dan memiliki masalah autentik yang dapat dipecahkan dan diselesaikan untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Dec 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61209 |
Actions (login required)
View Item |