Pengembangan blended learning pada mata kuliah kewirausahaan di Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Nugroho Susanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan blended learning pada mata kuliah kewirausahaan di Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Nugroho Susanto

Susanto, Nugroho (2013) Pengembangan blended learning pada mata kuliah kewirausahaan di Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang / Nugroho Susanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Susanto Nugroho 2013. Pengembangan Blended Learning pada Mata Kuliah Kewirausahaan di Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Tesis Program Studi Pendidikan Ekonomi Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si. (II) Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto M.Ed. M.Si. Kata kunci blended learning kewirausahaan tatap muka online Tantangan pedagogis pendidikan kewirausahaan adalah kompetensi kewirausahaan lebih holistik dan berorientasi psikologis daripada sekedar penguasaan materi dan keterampilan. Oleh karena itu pendidikan kewirausahaan memerlukan blended learning yang memiliki dua dimensi yaitu dimensi metode penyampaian dan dimensi metode pembelajaran. Dimensi metode penyampaian terdiri dari pembelajaran tatap muka dan online sedangkan dimensi metode pembelajaran terdiri dari metode tradisional dan eksperimental. Metode pembelajaran tradisional dan eksperimental telah dilaksanakan pada kelas yang diteliti yang meliputi ceramah tanya jawab diskusi problem-based learning project-based learning kuliah tamu dan studi lapangan. Oleh karena itu tujuan utama penelitian ini adalah mengembangkan blended learning pada dimensi metode penyampaian yang dibatasi pada pengembangan situs web sebagai sarana pembelajaran online untuk mendukung pembelajaran tatap muka. Produk yang dihasilkan berupa (1) situs web yang memiliki fasilitas forum chat pesan blog tugas dan tautan serta (2) petunjuk pemanfaatan untuk dosen dan mahasiswa. Prosedur pengembangan terdiri dari 6 tahap yaitu (1) identifikasi masalah (2) kajian teori dan empiris (3) pengembangan blended learning (4) uji validasi ahli (5) revisi dan (6) uji coba lapangan. Produk yang dihasilkan berupa (1) situs web sebagai bagian dari blended learning pada mata kuliah kewirausahaan dan (2) petunjuk pemanfaatan untuk dosen dan mahasiswa. Produk ini telah diujicobakan pada mata kuliah kewirausahaan Program Studi Pendidikan Administrasi dan Perkantoran di Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang pada semester genap tahun perkuliahan 2011-2012 dan memperoleh kualifikasi baik dengan persentase 77 1%. Sebelum diujicobakan produk ini telah diuji validasi oleh ahli dan mendapat kualifikasi baik. Dari uji validasi oleh ahli teknologi dan media diperoleh persentase 80 3% sedangkan dari ahli materi dan pembelajaran diperoleh persentase 83 4%. Uji coba produk ini masih dilakukan secara terbatas. Pemanfaatannya memerlukan beberapa kajian yaitu (1) kajian terhadap karakteristik mahasiswa sampai sejauh mana kesiapan mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran online (2) kajian terhadap sumber daya manusia dalam hal ini adalah kesiapan dosen pengampu dan pengelola web dan (3) kajian terhadap ketersediaan perangkat penunjang yang berupa fasilitas internet di kampus komputer dan perangkat lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61208

Actions (login required)

View Item View Item