Pengembangan skenario Problem Based Learning (PBL) dalam mata pelajaran ekonomi SMA / Syafaatul Hidayati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan skenario Problem Based Learning (PBL) dalam mata pelajaran ekonomi SMA / Syafaatul Hidayati

Hidayati, Syafaatul (2013) Pengembangan skenario Problem Based Learning (PBL) dalam mata pelajaran ekonomi SMA / Syafaatul Hidayati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hidayati Syafaatul. 2013. Pengembangan Skenario Problem Based Learning (PBL) dalam Mata Pelajaran Ekonomi SMA. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Ekonomi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hj Sri Umi Mintarti W. SE MP Ak (II) Dr. Mit Witjaksono MS.Ed. Kata Kunci Skenario Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) 12288 12288 12288 Tujuan pendidikan ekonomi yang ada dalam standar isi menggambarkan bahwa analisis yang cocok digunakan dalam ilmu ekonomi adalah metode pemecahan masalah. Metode pemecahan masalah cocok untuk digunakan dalam analisi ekonomi sebab objek dalam ilmu ekonomi adalah permasalahan dasar ekonomi. Oleh karena itu cara terbaik bagi peserta didik untuk pembelajaran khususnya ekonomi apabila mereka diberi masalah yang menantang dan menggugah pikiran kebiasaan berpikir dan tindakan yang berhubungan dengan pemecahan masalah. Hal ini bisa dicapai dengan melatih siswa dalam mecahkan masalah dengan Problem Based Learning (PBL). Dengan demikian peneliti menyimpulkan bahwa Problem Based Learning (PBL) menjadi suatu alat untuk mencapai empat tujuan pendidikan ekonomi dalam pembelajaran. Oleh karena itu maka perlu kiranya dikembangkan skenario pembelajaran yang dapat memberdayakan kemampuan akademik siswa sehingga empat tujuan mata pelajaran ekonomi dalam standar isi dapat tercapai. 12288 12288 12288 Penelitian ini memiliki tujuan umum yaitu mengembangkan skenario Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan Design Based Research (DBR) dan secara rinci tujuan penelitian dan pengembangan ini sebagai berikut (1) mengidentifikasi permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran ekonomi selama ini (2) merumuskan skenario pembelajaran dengan berkolaborasi bersama tim ahli (3) menyusun desain dan pengembangan prototipe skenario Problem Based Learning (PBL) dalam mata pelajaran ekonomi sehingga dapat mewadahi empat tujuan dari mata pelajaran ekonomi (4) melakukan uji coba skenario Problem Based Learning (PBL) sehingga dapat mewadahi empat tujuan dari mata pelajaran ekonomi dan (5) mengkomunikasikan hasil uji coba skenario Problem Based Learning (PBL) kepada guru dan siswa. 12288 12288 12288 Secara umum penerapan penelitian berbasis desain menggunakan metode yang sistematis namun fleksibel yang bertujuan untuk meningkatkan praktik-praktik pendidikan melalui analisis iterative desain pengembangan dan implementasi berdasarkan kolaborasi antara peneliti dan praktisi secara nyata tanpa adanya rekayasa. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas X-1 dan X-4 SMA Laboratorium UM Malang. Di mana jumlah siswa kelas X-1 sebanyak 42 dan X-4 berjumlah 44 siswa. 12288 12288 12288 Berdasarkan deskripsi kelebihan dan kelemahan skenario pembelajaran PBL serta temuan selama menjalankan uji coba skenario maka berikut ini dideskripsikan beberapa saran-saran yang diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam pengembangan produk sejenis (1) saran pemanfaatan dan (2) saran pengembangan produk lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61206

Actions (login required)

View Item View Item