Mawarzani, Sapka (2013) Peran koperasi sekolah sebagai laboratorium belajar ekonomi dalam menumbuhkan motivasi belajar dan jiwa kewirausahaan siswa (Studi multisitus di SMA Negeri 1 Mataram, SMA Negeri 3 Mataran dan SMA Negeri 6 Mataram) / Sapka Mawarzani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci koperasi sekolah laboratorium ekonomi. Koperasi sekolah merupakan salah satu sarana belajar yang sangat tepat bagi siswa untuk mempraktekkan ilmu ekonomi yang didapatkan di kelas. Penelitian ini dilaksanakan untuk meneliti peran koperasi sekolah di SMAN 1 Mataram SMAN 3 Mataram dan SMAN 6 Mataram. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui bagaimana peran koperasi sekolah sebagai laboartorium belajar ekonomi 2) mengetahui kendala-kendala yang dihadapi koperasi sekolah dalam mengoptimalkan peranannya sebagai laboratorium belajar ekonomi 3) mengetahui upaya-upaya yang dilakukan koperasi sekolah dalam mengatasi kendala-kendala yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini antara lain Kepala Sekolah Pembina koperasi sekolah dan siswa yang bertugas sebagai pengurus koperasi sekolah. Prosedur pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dokumentasi dan wawancara. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan bersifat induktif. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data dan pengecekan anggota (member check). Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran koperasi sekolah sebagai laboratorium belajar ekonomi di SMAN 1 Mataram adalah sebagai berikut 1) Membantu memenuhi segala kebutuhan siswa di sekolah 2) Koperasi siswa berperan menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa 3) Menumbuhkan nilai-nlai kejujuran bertanggungjawab dan inovasi pada diri siswa 4) Meningkatkan motivasi siswa dalam mempelajari ekonomi 5) Memberikan pendidikan berorganisasi bagi para siswa 6) Meningkatkan pengetahuan ekonomi siswa khususnya mengenai akuntansi dan koperasi. Sedangkan kendala-kendala yang dihadapi adalah 1) Hubungan komunikasi pengurus senior dengan pengurus junior masih kurang 2) Fasilitas tempat duduk yang masih kurang 3) Kurangnya kesadaran siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Dalam mengatasi kendala-kendala yang dihadapi koperasi sekolah melakukan upaya-upaya sebagai berikut 1) Mengadakan pertemuan setiap dua minggu sekali dengan semua pengurus 2) Menambah fasilitas tempat duduk baru 3) mengadakan program lomba poster dan captured of the week. Koperasi sekolah di SMAN 3 dan SMAN 6 Mataram memiliki kemiripan atau kesamaan yakni tidak melibatkan siswa dalam kegiatan organisasi maupun usaha koperasi siswa hasil penelitian menunjukkan bahwa peran koperasi siswa di dua sekolah tersebut adalah sebagai berikut 1) Membantu memenuhi segala kebutuhan siswa di sekolah 2) Sebagai tempat penjualan barang-barang atau makanan hasil karya siswa. Sedangkan kendala-kendala yang dihadapi koperasi sekolah adalah 1) Kurangnya perhatian kepala sekolah terhadap koperasi siswa 2) Kurangnya pengetahuan pembina koperasi siswa tentang peran penting koperasi siswa 3) Luas koperasi sempit 4) Kurangnya kepercayaan terhadap siswa dalam mengelola organisasi dan usaha koperasi siswa. Dalam mengatasi kendala-kendala yang dihadapi pihak sekolah dalam hal ini kepala sekolah dan pembina koperasi siswa di SMA Negeri 3 Mataram dan SMA Negeri 6 Mataram akan melakukan upaya-upaya sebagai berikut 1) Melibatkan siswa dalam kegiatan organisasi dan usaha koperasi siswa 2) Menambah jumlah fasilitas tempat duduk bagi pelanggan (siswa) 3) Merenovasi dan memperluas koperasi siswa 4) Memberikan pendidikan kejujuran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Aug 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61204 |
Actions (login required)
View Item |