Pemahaman economic literacy dilihat dari lingkungan keluarga dalam menumbuhkan perilaku ekonomi siswa (Studi pada siswa MTs. TMI Pujon Malang tahun 2013) / Marita Sirna Yudaningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemahaman economic literacy dilihat dari lingkungan keluarga dalam menumbuhkan perilaku ekonomi siswa (Studi pada siswa MTs. TMI Pujon Malang tahun 2013) / Marita Sirna Yudaningsih

Yudaningsih, Marita Sirna (2013) Pemahaman economic literacy dilihat dari lingkungan keluarga dalam menumbuhkan perilaku ekonomi siswa (Studi pada siswa MTs. TMI Pujon Malang tahun 2013) / Marita Sirna Yudaningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keywords Economic Literacy Lingkungan Keluarga Perilaku Ekonomi Literasi Ekonomi (economic literacy) telah menjadi tema yang menarik untuk didiskusikan maupun diteliti sejak akhir dekade 1900-an. Di negara-negara maju sosialisasi melek ekonomi disetarakan dengan melek huruf dan melek teknologi. Economic literacy adalah kemampuan untuk mengidentifikasi masalah-masalah ekonomi penyusunan alternatif pemecahan dengan mempertimbangkan benefit dan cost.Dalam hal ini Literasi Ekonomi juga tidak lepas dari pendidikan di Lingkungan Keluarga. Lingkungan keluarga berpengaruh terhadap anak terutama perkembangan sikap dan perilakunnya. Sikap adalah kesediaan mental individu untuk menanggapi suatu obyek di lingkungan sosialnya baik bersifat netral maupun negatif melalui komponen kognisi afeksi dan konasi yang berfungsi sebagai pembimbing dan pengarah tindakan (perilaku) individu. Theory of Planned Behavior secara khusus menghubungkan antara beliefs dengan attitudes. Berdasarkan model tersebut seseorang akan mengevaluasi sikap terhadap perilaku ditentukan oleh aksesbilitas keyakinan mereka yang mana keyakinan merupakan probabilitas subyektif bahwa perilaku tersebut akan menghasilkan hasil yang pasti (Fishben dan Ajzen 1975). Outcome yang diharapkan atas sesuatu yang dilakukan merupakan model nilai harapan. Varibel tersebut menghubungkan antara keyakinan sikap dan harapan. Penelitian ini dilakukan dikalangan Siswa MTs.TMI Pujon Malang yang notabene mendapat pembelajaran tentang perilaku ekonomi yang baik penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Dimana peneliti melakukan penelitian awal sebelum menarik sebuah permasalahan atas pokok pemikiran yang disesuaikan dengan keadaan lapangan dipertegas dengan wawancara langsung kepada beberapa responden yang terpilih atas kualifikasi keadaan Lingkungan Keluarganya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dari hasil temuan penelitian dapat diketahui bahwa lingkungan keluarga memiliki peran yang sangat besar terhadap economic literacy (melek ekonomi) siswa. Dalam temuan ini peneliti sudah mengkategorikan masing-masing siswa ke dalam kelas ekonomi yang berbeda-beda dilihat dari latar belakang ekonomi keluarganya. Peneliti membagi siswa kedalam tiga kategori yaitu kategori kelas tinggi kategori kelas sedang/menengah kategori kelas rendah dapat disimpulkan bahwa keluarga dari kelas ekonomi tinggi sedang dan rendah masing-masing mempunyai pengaruh yang berbeda. Siswa dari kelas ekonomi tinggi pemahaman economic literacynya cenderung sangat rendah Siswa dari kelas ekonomi sedang/menengah memiliki pemahan economic literacy yang cenderung tinggi dan sangat tinggi sedangkan siswa dari kelas ekonomi kelas rendah memiliki pemahaman economic literacy yang cenderung sangat tinggi. Hal ini dikarenakan ada faktor lain yang menyebabkan dia tidak berperilaku dengan baik dan benar yaitu faktor keluarga dan teman yang kurang memberikan dukungan dan keteladanan yang baik pada anak tersebut. lingkungan keluarga siswa dapat menumbuhkan Sikap dan Perilaku ekonomi siswa. Ini karena orang tua yang berlatar belakang sosial ekonomi yang berbeda akan mendorong anaknya untuk mempertimbangkan setiap perilaku ekonominya. Dari penelitian ini dapat diajukan saran sebagai berikut Bagi MTs. TMI Pujon dan lembaga-lembaga pendidikan utamanya penyelenggara pembelajaran pendidikan ekonomi sebagaimana dalam implikasi praktis penelitian perlu mempertimbangkan pembelajaran ekonomi yang berorientasi pada pembentukan perilaku ekonomi siswa. guru ekonomi dalam memberikan materi pelajaran tidak hanya berupa Teori saja tetapi juga memberikan muatan-muatan nilai karakter yang yang bisa menumbuhkan sikap yang baik sehingga siswa mampu berperilaku ekonomi yang baik sesuai dengan yang diharapkan. Bagi peneliti selanjutnya perlu kiranya dilakukan penelitian lebih lanjut tentang perilaku ekonomi yang lebih menekankan penemuan kriteria-kriteria rasionalitas dan emosional. Bagi orang tua melalui pendidikan ekonomi keluarga yang optimal diharapkan dapat memberikan keteladanan yang baik bagi siswa dalam berperilaku ekonomi. Orang tua hendaknya memberikan contoh dan keteladanan dalam perilaku ekonomi selain itu juga memberikan kebebasan yang terarah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61202

Actions (login required)

View Item View Item