Pengaruh metode presentasi diskusi dengan media powerpoint dan gaya belajar terhadap hasil belajar mata kuliah teori akuntansi pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi di FKIP Universitas Islam Riau / Purba Andy Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh metode presentasi diskusi dengan media powerpoint dan gaya belajar terhadap hasil belajar mata kuliah teori akuntansi pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi di FKIP Universitas Islam Riau / Purba Andy Wijaya

Wijaya, Purba Andy (2013) Pengaruh metode presentasi diskusi dengan media powerpoint dan gaya belajar terhadap hasil belajar mata kuliah teori akuntansi pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Akuntansi di FKIP Universitas Islam Riau / Purba Andy Wijaya. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci metode presentasi diskusi media powerpoint gaya belajar dan hasil belajar teori akuntansi Rancangan penelitian ini menggunakan desain eksperimen faktorial (2x4) kelas kontrol melaksanakan metode presentasi dengan menggunakan media makalah dan kelas eksperimen melaksanakan metode presentasi diskusi dengan menggunakan media powerpoint. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportional random sampling diperoleh sampel penelitian berjumlah 80 mahasiswa. Masing-masing kelas penelitian berjumlah 40 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa yang memiliki gaya belajar sekuensial abstrak sekuensial konkrit acak abstrak dan acak konkrit. Teknik analisis data menggunakan Anova dua jalur (Two Way Anova). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode presentasi diskusi yang menggunakan media powerpoint terhadap hasil belajar dan perbedaan hasil belajar pada mata kuliah Teori Akuntansi bila dikaitkan dengan gaya belajar mahasiswa serta untuk mengetahui pengaruh interaksi antara metode presentasi diskusi dengan media powerpoint dan gaya belajar mahasiswa terhadap hasil belajar mata kuliah Teori Akuntansi. Dari hasil uji hipotesis yang dilakukan diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara mahasiswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai sig sebesar 0 003 dan Fhitung 9 422 Ftabel 3 982. Perbedaan hasil belajar juga terdapat pada mahasiswa yang memiliki gaya belajar yang berbeda. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh nilai sig sebesar 0 000 dan Fhitung 8.114 Ftabel 2 739. Selain itu terdapat interaksi antara media pembelajaran dengan gaya belajar mahasiswa terhadap hasil belajar mahasiswa dengan nilai sig sebesar 0 47 dan Fhitung 2.886 Ftabel 2 739. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi perhatian bagi pendidik baik dosen atau guru agar selalu memperhatikan aspek media dan gaya belajar peserta didiknya dalam melaksanakan dan mengembangkan sebuah metode pembelajaran yang akan dilaksanakan sehingga dapat membantu mencapai kebutuhan peserta didik yang memiliki keanekaragaman dengan optimal. 8195

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61201

Actions (login required)

View Item View Item