Penigkatan pemahaman sejarah uang melalui model pembelajaran mind mapping di kelas III semester 2 SDN Gaprang 01 Kabupaten Blitar / Luvia Indriani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penigkatan pemahaman sejarah uang melalui model pembelajaran mind mapping di kelas III semester 2 SDN Gaprang 01 Kabupaten Blitar / Luvia Indriani

Indriani, Luvia (2016) Penigkatan pemahaman sejarah uang melalui model pembelajaran mind mapping di kelas III semester 2 SDN Gaprang 01 Kabupaten Blitar / Luvia Indriani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indriani Luvia 2016 Peningkatan Pemahaman Sejarah Uang Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping di Kelas III Semester 2 SDN Gaprang 01 Kabupaten Blitar Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Suwarti S.Pd M. Pd (2) Dra. Sri Murdiyah M.Pd Kata kunci peningkatan pemahaman model pembelajaran Mind Mapping Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di kelas III SDN Gaprang 01 Kabupaten Blitar pada pembelajaran sejarah uang diketahui bahwa (1) mata pelajaran sejarah uang yang disajikan guru kurang menarik bagi peserta didik karena pembelajaran berpusat pada guru. (2) Dalam proses pembelajaran tidak menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan. (3) Peserta didik kurang diberi kesempatan dalam mengembangkan ide dan pikirannya. (4) Peserta didik merasa bosan dengan apa yang dipelajari karena peserta didik hanya menghafal konsep-konsep yang disampaikan dalam pembelajaran. (5) Peserta didik kesulitan dalam memahami hubungan antar konsep pembelajaran karena konsep-konsep pembelajaran disampaikan secara terpisah. (6) Rendahnya hasil belajar IPS dengan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Oleh karena itu perlu diadakan penelitian yang bertujuan menerapakan model pembelajaran Mind Mapping untuk meningkatakan pemahaman peserta didik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dokumentasi wawancara catatan lapangan dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualititif yang meliputi reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping mengalami peningkatan yaitu aktivitas guru pada siklus I mencapai 79% aktivitas peserta didik 74%. Pada siklus II aktivitas guru meningkat menjadi 97% aktivitas peserta didik 96%. Sementara itu hasil belajar peserta didik pada tahap pratindakan hanya 3 dari 15 peserta didik yang tuntas dengan nilai rata-rata kelas 55 dan ketuntasan klasikal 20%. Pada siklus I nilai akhir peserta didik meningkat terbukti dari 15 siswa ada 9 peserta didik yang tuntas dan mendapatkan nilai diatas KKM yaitu 8805 70 dengan nilai rata-rata kelas 71 dan ketuntasan klasikal 60%. Pada siklus II kembali mengalami peningkatan yaitu 15 peserta didik dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata kelas 91 dan ketuntasan klasikal 100%. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan pemahaman peserta didik kelas III SDN Gaprang 01 Kabupaten Blitar. Disarankan kepada guru untuk menerapkan model pembelajaran Mind Mapping agar pembelajaran lebih menyenangkan dan hasil belajar dapat maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/6120

Actions (login required)

View Item View Item