Pengaruh model pembelajaran inquiry based learning terhadap kecerdasan emosional dan hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa sekolah dasar / Maharani Lelasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran inquiry based learning terhadap kecerdasan emosional dan hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa sekolah dasar / Maharani Lelasari

Lelasari, Maharani (2016) Pengaruh model pembelajaran inquiry based learning terhadap kecerdasan emosional dan hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa sekolah dasar / Maharani Lelasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lelasari Maharani. 2016. Pengaruh Model Inquiry Based Learning Terhadap Kecerdasan Emosional dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Skripsi Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Eka Pramono Adi S.IP M.Si(II) Dr. Henry Praherdiono M.Pd Kata Kunci Model Pembelajaran Inquiry Based Learning Inquiry Lesson Interactive Demonstration Kecerdasan Emosional Hasil Belajar Banyak yang berpendapat bahwa untuk meraih hasil belajar yang tinggi seseorang harus memiliki Intelligence Quotient (IQ) yang tinggi. Padahal inteligensi bukan merupakan satu-satunya faktor yang menentukan keberhasilan seseorang karena ada faktor lain yang mempengaruhi yaitufaktor internal salah satunyakecerdasan emosional. Sedangkan faktor eksternal juga berpengaruh terhadap pencapaian hasil belajar siswa diantaranya yaitu model pembelajaran. Model pembelajaran memiliki kedudukan yang amat strategis dalam mendukung keberhasilan proses pembelajaran. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA Sains) di sekolah dasar (SD) menekankan pada pemberian pengalaman belajar secara langsung melalui penggunaan dan pengembangan keterampilan ilmiah serta sikapilmiah. Sebagaimana dinyatakan dalam Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP 2006) bahwa pembelajaran sains sebaiknya dilaksanakan secara inkuiri ilmiah dimaksudkan untuk menumbuhkan kemampuan bekerja berfikir dan bersikap ilmiah serta mengkomunikasikannya sebagai aspek penting dalam kecakapan hidup. Model pembelajaran inkuiri merupakan salah satu model yang dipandang sesuai untuk digunakan dalam meningkatkan hasil belajar sains siswa dan melibatkan pengem-bangan kecerdasan emosional siswa karena dalam model inkuiri melibatkan siswa untuk aktif bepikir secara sungguh-sungguh dan menemukan pengetahuan yang ingin diketahuinya. Keterlibatan siswa yang lebih besarmemberikan kemungkinan kepada siswa untuk memperluas wawasan dan mengembangkan konsep diri secara baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan kecerdasan emosional antara kelompok siswa yang belajar dengan model inkuiri berbasis inquiry lesson dibandingkan model inkuiri berbasis interactive demonstration. (2) perbedaan hasil belajar antara kelompok siswa yang belajar dengan model inkuiri berbasis inquiry lesson dibandingkan model inkuiri berbasis interactive demonstration. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan desain penelitian the non-equivalent posttest only control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling dengan sampel penelitian kelas VA berjumlah 20 orang siswa dan kelas VB berjumlah 17 orang siswa. Instrumen penelitian berupa instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata nilai kecerdasan emosional kelompok eksperimen sebesar 104 45 dan kelompok kontrol 96 24. Hasil uji-t untuk kecerdasan emosional menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0 004 0 05. Sehingga hipotesis ada perbedaan kecerdasan emosional antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diterima. Sedangkan hasil analisis data hasil belajar menunjukkan bahwa rata-rata nilai kelompok eksperimen sebesar 84 75 dan kelompok kontrol sebesar 82 94. Hasil uji-t hasil belajar menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0 633 0 05. Sehingga hipotesis ada perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/612

Actions (login required)

View Item View Item