Pengaruh penghalaman praktik kerja industri, kompetensi keahlian dan intensitas pendidikan kewirausahaan dalam keluarga terhadap kesiapan berwirausaha (studi pada siswa kelas XII SMK Negeri 1 Purwosari tahun pelajaran 2012/2013 Kabupaten Pasuruan / Maureen Evita Santi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penghalaman praktik kerja industri, kompetensi keahlian dan intensitas pendidikan kewirausahaan dalam keluarga terhadap kesiapan berwirausaha (studi pada siswa kelas XII SMK Negeri 1 Purwosari tahun pelajaran 2012/2013 Kabupaten Pasuruan / Maureen Evita Santi

Santi, Maureen Evita (2013) Pengaruh penghalaman praktik kerja industri, kompetensi keahlian dan intensitas pendidikan kewirausahaan dalam keluarga terhadap kesiapan berwirausaha (studi pada siswa kelas XII SMK Negeri 1 Purwosari tahun pelajaran 2012/2013 Kabupaten Pasuruan / Maureen Evita Santi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pengalaman praktik kerja industri kompetensi keahlian intensitas pendidikan kewirausahaan dalam keluarga kesiapan berwirausaha Latar belakang penelitian ini bersumber dari isu pengangguran yang berakar dari tidak terserapnya lulusan dalam lapangan kerja. Salah satu solusi dari permasalahan tersebut adalah menciptakan lapangan kerja sendiri atau bekerja secara mandiri yang lebih dikenal dengan berwirausaha. SMK sebagai salah lembaga pendidikan yang memiliki visi menyiapkan lulusan yang tidak hanya siap kerja tetapi juga mandiri. Namun demikian berdasarkan observasi peneliti kesiapan lulusan SMK untuk berwirausaha masih belum begitu menggembirakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan pengalaman praktik kerja industri kompetensi keahlian dan intensitas pendidikan kewirausahaan dalam keluarga dan kesiapan berwirausaha pada siswa kelas XII SMK Negeri 1 Purwosari di kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengkaji pengaruh (1) pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan berwirausaha (2) pengalaman praktik kerja industri terhadap kompetensi keahlian (3) pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan berwirausaha melalui variabel kompetensi keahlian (4) kompetensi keahlian terhadap kesiapan berwirausaha (5) intensitas pendidikan kewirausahaan dalam keluarga terhadap kesiapan berwirausaha dan (6) pengalaman praktik kerja industri kompetensi keahlian dan intensitas pendidikan kewirausahaan dalam keluarga terhadap kesiapan berwirausaha. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII SMK Negeri 1 Purwosari di Kabupaten Pasuruan Jawa Timur. Pengambilan sampel sebanyak 162 siswa ditentukan dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan model skala likert lima alternatif jawaban. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) dengan bantuan program SPSS versi 18. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi product moment sedangkan untuk reliabilitas instrumen menggunakan nilai Alpha Cronbach s. Temuan penelitian dipaparkan secara ringkas sebagai berikut (1) pengalaman praktik kerja industri tidak berpengaruh signifikan terhadap kesiapan berwirausaha (2) pengalaman praktik kerja industri berpengaruh signifikan terhadap kompetensi keahlian (3) pengalaman praktik kerja industri memiliki pengaruh tidak langsung terhadap kesiapan berwirausaha melalui variabel kompetensi keahlian (4) kompetensi keahlian berpengaruh secara signifikan terhadap kesiapan berwirausaha (5) intensitas pendidikan kewirausahaan dalam keluarga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kompetensi keahlian dan (6) pengalaman praktik kerja industri kompetensi keahlian dan intensitas pendidikan kewirausahaan dalam keluarga memiliki pengaruh secara serempak terhadap kesiapan berwirausaha. Hasil penelitian ini mengimplikasikan bahwa peningkatan kesiapan berwirausaha siswa dapat dilakukan dengan peningkatan dalam kompetensi keahlian dan frekuensi pendidikan kewirausahaan dalam keluarga. Sedangkan pada pengalaman praktik kerja industri perlu adanya integrasi dan koordinasi antara pihak sekolah dan DU/DI sehingga dapat mendukung dan meningkatkan kesiapan berwirausaha siswa. Bagi penelitian selanjutnya hendaknya dapat memasukkan variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini misalnya pengaruh lingkungan di luar keluarga proses pembelajaran mata pelajaran kewirausahaan dan faktor-faktor internal atau eksternal lainnya atau pada variabel pendidikan kewirausahaan dalam keluarga yang masih termasuk dalam kategori sedang untuk memperkaya kajian-kajian yang terkait dengan topik kewirausahaan khususnya untuk tingkat pendidikan SMK.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Aug 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61199

Actions (login required)

View Item View Item