Pengaruh pendidikan ekonomi keluarga terhadap perilaku konsumsi dimediasi literasi ekonomi dan gaya hidup pada mahasiswa FE UM angkatan 2011 / Bagus Shandy N. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendidikan ekonomi keluarga terhadap perilaku konsumsi dimediasi literasi ekonomi dan gaya hidup pada mahasiswa FE UM angkatan 2011 / Bagus Shandy N.

Narmaditya, Bagus Shandy (2013) Pengaruh pendidikan ekonomi keluarga terhadap perilaku konsumsi dimediasi literasi ekonomi dan gaya hidup pada mahasiswa FE UM angkatan 2011 / Bagus Shandy N. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci perilaku konsumsi pendidikan ekonomi keluarga literasi ekonomi gayahidup. Fenomenaperilakukonsumsisemakinberanekaragam diperlukansebuahpilihan yang cerdas.Pendidikanekonomikeluargamelaluipembiasaan keteladanandanpenjelasanakanmembentuksebuahpolapikir polapikirterwujuddalamliterasiekonomi. Dari polapikirtersebutmembentuksebuahpolasikap yang diwujudkandengangayahidupdanpolatindaksebagaiwujuddariperilakudalamberkonsumsi.Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pendidikanekonomikeluargaterhadapperilakukonsumsimelaluiliterasiekonomidangayahiduppadamahasiswaEkonomi Pembangunan FakultasEkonomiUniversitasNegeri Malang Angkatan 2011. Model mediasi yang digunakan berpijak pada argumen teori kajian empiris dan penelitian terdahulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenispenelitianinitermasukasosiatifkausalitas.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh MahasiswajurusanEkonomi Pembangunan FE UM Angkatan 2011. Populasidalampenelitianinisebanyak 263 sedangkansampel yang diambilsebanyak 159 responden.Penarikan sampel menggunakan teknik proportionalrandom sampling. Proses pengumpulan data menggunakan kuesioner dan tes. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan analisis jalur. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) adapengaruhpositifsignifikanpendidikanekonomikeluargaterhadapperilakukonsumsi (2)adapengaruhpositifsignifikanpendidikanekonomikeluargaterhadapliterasiekonomi (3) adapengaruhpositifsignifikanliterasiekonomiterhadapperilakukonsumsi (4) adapengaruhpositifsignifikanpendidikanekonomikeluargaterhadapgayahidup (5) adapengaruhpositifsignifikangayahidupterhadapperilakukonsumsi (6) adapengaruhtidaklangsungpendidikanekonomikeluargaterhadapperilakukonsumsimelaluiliterasiekonomi dan (7) adapengaruhtidaklangsungpendidikanekonomikeluargaterhadapperilakukonsumsimelaluigayahidup. Bertitik tolak dari temuan ini dapat disarankan bahwa (1)kepadaTenagaPendidik di lingkungan FE UM untukmengembangkandalammerancangpembelajaran yang berkaitanafektifmahasiswa(2) lingkungankeluarga memberikancontoh yang baikdalamaktivitasekonomi pembiasaandanpenjelasanmenjadisuatuhalsangatpentingbagibekalseoranganak.(3)kepadapenelitiselanjutnyauntukmenindaklanjutitemuandalampenelitianinidenganmenggalivariabel yang tidakditelitidalampenelitianinisepertibudaya lingkunganmasyarakat temansebaya modernitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61196

Actions (login required)

View Item View Item