Pengembangan bahan ajar yang berkarakter berbasis multimedia pada pembelajaran ekonomi untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa SMAN 1 Malang / Riska Pristiani

Pristiani, Riska (2013) Pengembangan bahan ajar yang berkarakter berbasis multimedia pada pembelajaran ekonomi untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa SMAN 1 Malang / Riska Pristiani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pristiani, Riska. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Yang Berkarakter Berbasis Multimedia Pada Pembelajaran Ekonomi Untuk Meningkatkan Hasil dan Aktivitas Belajar Siswa SMAN 1 Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. J. G. Nirbito, M.Pd., (II) Prof. Dr. Bambang Banu Siswoyo, M.M. Kata Kunci: Bahan ajar multimedia, bahan ajar cetak, aktivitas siswa, hasil belajar siswa     Permasalahan yang telah ditemukan oleh peneliti di SMAN 1 Malang diantaranya sebagai berikut: (1) nilai rata-rata hasil belajar siswa yang tidak lebih dari 82,5 pada 2 tahun terakhir; (2) proses pembelajaran yang selalu berkutat dengan media powerpoint, presentasi, tanya jawab, menjawab soal pada bahan ajar cetak dan ceramah membuat sebagian besar siswa merasa bosan; (3) siswa kurang tertarik untuk membaca bahan ajar cetak yang dimiliki siswa mengakibatkan siswa kurang aktif dalam kelas, perhatian siswa juga kurang terpusat pada materi yang diajarkan sehingga hasil belajar dan aktivitas siswa pun ikut menurun. Berkaitan dengan beberapa permasalahan yang telah dijabarkan di atas, maka diperlukan bahan ajar yang dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Tujuan penelitian ini adalah: menyusun bahan ajar multimedia pembelajaran ekonomi yang layak untuk siswa kelas X SMAN 1 Malang; dan menguji keefektifan bahan ajar multimedia dibandingkan bahan ajar cetak pada pembelajaran ekonomi siswa kelas X SMAN 1 Malang.     Penelitian ini pada tahap evaluasi menggunakan uji formatif dalam me-nguji pengembangan produk ÔÇ£Apakah layak pakai atau tidak?ÔÇØ dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan desain Borg and Gall (1983) dan uji sumatif dalam menguji efektifitas untuk menguji perbedaan bahan ajar multimedia dan bahan ajar cetak menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperiment jenis desainnya yaitu Non-Equivalent Pretest-Postest Control Group Design. Dalam uji coba produk yang diperlukan yaitu (1) desain uji coba menggunakan Dick and Carey (1985:224); (2) subyek coba yang terdiri ahli materi/isi, ahli desain/media pembelajaran, guru kelas X SMAN 1 Malang dan siswa kelas X yang proses pengambilan menggunakan proportional random sampling; (3) jenis data yang diperoleh berdasarkan uji coba bahan ajar multimedia ini berupa data kuantitatif dan verbal. Dalam proses pengumpulan data, peneliti menggunakan angket, soal tes hasil belajar, wawancara, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan uji prasarat yang terdiri dari uji normalitas dan homogenitas, uji hipotesis dengan Independent Sample T-Test dan analisis deskriptif.     Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bahan ajar multimedia telah mendapatkan penilaian dan tanggapan dengan rata-rata sebesar 80% yang artinya masuk dalam kualifikasi valid atau baik sehingga tidak perlu revisi dengan beberapa komentar serta saran tertulis dari responden untuk dijadikan bahan acuan dalam perbaikan dan penyempurnaan terhadap bahan ajar multimedia; (2) keefektifan bahan ajar yang berkarakter berbasis multimedia dibandingkan bahan ajar cetak pada siswa Kelas X SMAN 1 Malang dengan hasil penelitian sebagai berikut: (a) Terdapat perbedaan yang siginifikan hasil belajar siswa yang diajar deng-an menggunakan bahan ajar multimedia dan cetak serta; rerata hasil belajar siswa yang menggunakan bahan ajar multimedia lebih baik dibandingkan bahan ajar cetak.; (b) Terdapat perbedaan yang signifikan pada aktivitas siswa yang diajar de-ngan menggunakan bahan ajar multimedia dan cetak serta rerata aktivitas belajar siswa yang menggunakan bahan ajar multimedia lebih baik dibandingkan bahan ajar cetak.     Saran dalam penelitian ini diberikan kepada: (1) bagi siswa, hendaknya siswa lebih meningkatkan aktivitas dan hasil belajarnya saat melaksanakan pembelajaran ekonomi yang diberi tindakan penggunaan bahan ajar multimedia ini; (2) bagi guru, hendaknya mulai mencoba menerapkan proses pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar multimedia untuk materi uang pada siswa kelas X angkatan 2013/2014 dan mengembangkan bahan ajar cetak yang biasa dipakai dengan bahan ajar multimedia melalui MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran); (3) bagi sekolah, penggunaan bahan ajar multimedia diharapkan mulai dimanfaatkan secara maksimal dalam pelaksanaan pembelajaran dan diharapkan pula untuk memberikan fasilitas berupa sumber daya manusia yang nantinya dapat membantu guru mata pelajaran dalam proses pembuatan bahan ajar multimedia pada mata pelajaran lainnya/tidak terbatas mata pelajaran ekonomi dengan kriteria pembahasan yang sejenis seperti pada penelitian ini; (4) Bagi peneliti lanjut, diharapkan untuk meneliti dengan melakukan penilaian pada keefektifan penerapan pendidikan karakter yang terdapat pada bahan ajar multimedia dengan bahan ajar cetak.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/61193

Actions (login required)

View Item View Item