Theodora, Berta Dian (2013) Pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri se-kota MAlang yang dikontrol dengan variasi sumber belajar / Berta Dian Theodora. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci keterampilan mengajar hasil belajar variasi sumber belajar Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri se-Kota Malang yang di kontrol dengan variasi sumber belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh guru ekonomi Sekolah Menengah Atas Negeri se-kota Malang. Proses penarikan sampel menggunakan teknik simpel random sampling. Proses pengumpulan data menggunakan kuesioner observasi dan dokumentasi. Uji Lanjutan untuk analisis data menggunakan analisis varian dua jalur dengan interaksi dan dilakukan uji lanjutan uji beda t-test. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan oleh guru dengan keterampilan mengajar tinggi dengan hasil belajar siswa yang diajarkan guru berketerampilan mengajar rendah (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan oleh guru dengan sumber belajar bervariasi dengan hasil belajar siswa yang diajarkan oleh guru yang menggunakan sumber belajar tidak bervariasi (3) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan oleh guru dengan keterampilan mengajar tinggi menggunakan sumber belajar bervariasi dibedakan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan oleh guru dengan keterampilan mengajar rendah menggunakan sumber belajar bervariasi (4) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan oleh guru dengan keterampilan mengajar tinggi menggunakan sumber belajar tidak bervariasi jika dibedakan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan guru dengan keterampilan mengajar rendah menggunakan sumber belajar tidak bervariasi (5) tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan oleh guru yang menggunakan sumber belajar bervariasi dengan keterampilan mengajar tinggi jika dibedakan dengan hasil belajar siswa dari guru yang menggunakan sumber belajar tidak bervariasi berketerampilan mengajar tinggi (6) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajarkan oleh guru yang menggunakan sumber belajar bervariasi dengan keterampilan mengajar rendah jika dibedakan dengan hasil belajar siswa dari guru yang menggunakan sumber belajar tidak bervariasi berketerampilan mengajar rendah dan (7) keterampilan megajar guru berinteraksi dengan variasi sumber belajar dan secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa.. Bertitik tolak dari temuan ini dapat disarankan (1) kepada guru untuk terus meningkatkan keterampilan mengajar khususnya mengenai pengamatan yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa (2) peningkatan keterampilan mengajar guru dapat dilakukan dengan jalur pendidikan studi banding dan pendidikan dan pelatihan (diklat) (3) meningkatkan penggunaan sumber belajar yang dirancang khususnya nara sumber (ahli) dan sumber belajar yang dimanfaatkan yaitu wawancara dan kunjungan ke lokasi umum akan menunjang guru dalam pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa (4) kepada kepala sekolah untuk memfasilitassi guru dalam meningkatkan keterampilan mengajar dan untuk menyediakan sumber belajar yang bervariasi di sekolah agar bisa dimanfaatkan oleh guru dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S2 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Jul 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/61192 |
Actions (login required)
View Item |